Diagram Penggunaan Kamera dengan Vmix


Saat ini untuk mengelola banyak kamera dengan ditampilkan ke layar tidaklah terlalu susah. Untuk membuat live event sederhana tidak dibutuhkan alat yang terlalu mahal. Anda bisa memakai usb video capture serta aplikasi Vmix. Terus bagaimana rangkaian kabelnya? Berikut ini diagram penggunaan kamera dengan Vmix.

Kamera masuk ke laptop lewat usb video card atau tv tuner. Agar audio jernih maka bisa mengambil audio dari mixer audio. Untuk mengendalikan suara dari mixer agar tidak terlalu keras sebaiknya memakai potensiometer volume control. Kabel audio bisa masuk ke port audio laptop atau bisa juga ke port audio usb video capture.

Diagram Penggunaan Kamera dengan Vmix

Video dan audio yang masuk kemudian diolah di Vmix. Hasilnya bisa ditampilkan di proyektor lewat port hdmi laptop. Jika memakai kabel lain misalnya vga atau rca maka bisa menggunakan converter hdmi to vga atau rca. Anda bisa menggunakan splitter apabila memakai banyak proyektor/tv.



Diagram Penggunaan Kamera dengan Vmix

Untuk presentasi bisa memakai laptop lain dengan menggunakan router baik lewat kabel ataupun wifi. Router bisa juga untuk remote Vmix lewat ponsel maupun menggunakan kamera ponsel sebagai input Vmix dengan aplikasi NDI.

Apabila tidak ada alat-alat tersebut, sebenarnya bisa juga switch hanya mempergunakan proyektor saja. Namun terbatas 1 laptop dan 1 kamera saja. Hal ini akan saya bahas dipostingan tersendiri.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply