Begini Cara Registrasi Nomor Prabayar


Mulai 31 Oktober 2017 pemerintah akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan dengan data kependudukan  berupa nomor ktp dan kartu keluarga. Tujuan registrasi ini adalah untuk mencegah penyalahgunaan nomor serta memberi perlindungan pada konsumen. Bagaimanakah cara registrasi nomor baru maupun lama? Begini cara registrasi nomor prabayar dengan ktp dan kartu keluarga.

Pengguna bisa registrasi sendiri melalui sms. Caranya dengan mengetik sms dengan format sebagai berikut:

Pelanggan Baru

  • Telkomsel (Simpati, Kartu AS): REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • XL Axiata (XL, Axis) : DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK
  • Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren: 16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Pelanggan Lama

  • Telkomsel (Simpati, Kartu AS): ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • XL Axiata (XL, Axis) : ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK
  • Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Kemudian kirim ke nomor 4444.

Lewat Web Operator

Pelanggan dapat juga registrasi lewat web operator berikut ini:


Begini Cara Registrasi Nomor Prabayar

Jika nomor NIK atau KK salah maka registrasi akan gagal. Apabila sukses akan ada sms balasan bahwa telah sukses terdaftar maupun sukses terregistrasi ulang. Pendaftaran melalui sms maksimal bisa 3 nomor untuk 1 NIK, sedangkan nomor berikutnya harus mendaftar lewat galeri operator. Apabila tidak melakukan registrasi maka kartu perdana pelanggan baru tidak bisa dipergunakan sedangkan pelanggan lama akan diblokir secara bertahap. Batas akhir registrasi adalah 28 Februari 2018. Jika gagal terdaftar lewat sms maka bisa langsung datang ke galeri operator bersangkutan. Bagi yang belum mempunyai KTP bisa menggunakan NIK yang tertera di KK.

Kelemahan sistem registrasi ini adalah bisa mendaftar menggunakan NIK maupun nomor KK milik orang lain sehingga masih memungkinkan adanya penyalahgunaan. Untuk registrasi yang lebih valid sebaiknya tetap dilangsungkan di galeri operator/tempat lain yang ditunjuk dengan membawa ktp serta kartu keluarga yang asli. Memang sangat merepotkan namun hasilnya juga akan lebih baik.

Salah satu cara agar pengguna tidak gonta ganti nomor adalah sistem 1 simcard semua operator. Jadi pengguna bisa berpindah operator tanpa perlu ganti nomor. Namun tentunya penerapannya juga tidak mudah 😀

Semoga Bermanfaat


4 Comments

Leave a Reply

3 × = 24

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.