Remote VLC Lewat Browser


VLC merupakan salah satu player video/audio yang mempunyai fitur yang komplit. Apabila Anda ingin mengendalikan VLC yang berada di pc lain dalam sebuah jaringan yang sama maka bisa remote VLC lewat browser. Selain bisa menggunakan browser desktop bisa juga menggunakan browser ponsel.

Tidak perlu ada tambahan software, cukup utak-atik pengaturan VLC. Pertama tama silakan buka VLC, pilih menu “Peralatan” – “Preferensi” atau tekan control+p. Di kiri bawah bagian “Tampilkan Setting” silakan pilih “Semua”.

Remote VLC Lewat Browser

Tekan “Antarmuka utama” kemudian di bagian kanan centang “Web”.

Remote VLC Lewat Browser



Double klik “Antarmuka utama” sehingga menu dibawahnya terlihat kemudian pilih “Lua”.Di bagian kanan pada “Password” isi sesuai keinginan Anda. Pada “Port” ganti “8080” setelah itu klik “Simpan”.

Remote VLC Lewat Browser

Tutup VLC kemudian jalankan kembali. Mainkan video dalam sebuah folder ataupun playlist. Buka browser di pc lain yang berada dalam satu jaringan misalnya dalam jaringan wifi yang sama, kemudian ketik: alamat-ip:8080 misalnya: 192.168.1.100:8080. Saat muncul username dan password, username kosongkan dan password isi sesuai password Anda tadi. Maka akan tampil remote control untuk player VLC.

Remote VLC Lewat Browser

Menu yang bisa diremote ada banyak seperti play, next, stop, full screen, daftar putar, pustaka media dsb.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*