Memasang Hardisk Laptop ke PC


Apakah bisa memasang hardisk laptop ke pc? Tentu saja bisa. Apabila Anda mempunyai hardisk laptop yang tidak terpakai dan kebetulan hardisk di pc eror, maka bisa menggantinya dengan hardisk laptop tersebut.

Untuk memasangnya tidak perlu modifikasi. Tinggal pasang saja hardisk ukuran 2,5 inc tersebut seperti memasang hardisk 3,5 inc.



Pasang kabel power dan kabel sata kemudian nyalakan pc maka hardisk akan terdeteksi. Hardisk bisa untuk sistem operasi (os) maupun hanya untuk menyimpan data. Namun tentu saja ada perbedaannya, yaitu hardisk laptop kebanyakan kecepatannya hanya 5400 rpm, terutama hardisk laptop lama. Sedangkan kecepatan hardisk pc mencapai 7200 rpm. Asal tidak untuk yang berat-berat misalnya install os hanya untuk mengetik atau menyimpan data saya kira tidak terlalu terasa bedanya. Sedangkan untuk yang berat seperti sebagai os untuk editing video atau game maka sebaiknya membeli hardisk pc yang baru saja.

Selain itu hardisk ada masa hidupnya. Hardisk lawas tentu saja masa hidupnya sudah semakin pendek. Oleh karena itu jika mempunyai data penting sebaiknya tidak hanya disimpan di hardisk saja. Backup di banyak media misalnya cd, flashdisk, sdcard dsb.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

*