Xiao Fang merupakan cctv besutan Xiaomi dimana bisa merekam langsung ke dalam microsd card /mmc. Namun bagaimanakah cara mengatasi microsd tak terbaca di Xiaomi Xiao Fang? Saya pernah mengalami sdcard tidak terbaca karena gagal saat update firmware Xiao Fang lewat aplikasi MiHome.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  • Cek dahulu apakah Xiao Fang merekam atau tidak lewat menu Loop Back atau pasang sdcard di laptop. Mi Home versi terbaru sdcard sering tidak terbaca namun ternyata masih berjalan dengan lancar.
  • Jika ternyata tidak ada rekamannya, cek microsd yang digunakan apakah eror atau tidak. Misalnya dengan memasang di ponsel atau laptop.
  • Kemudian format microsd tersebut.
  • Jika tetap tidak terbaca di Xiao Fang, silakan coba dengan sdcard lain.
  • Reset Xiao Fang dengan cara menekan tombol reset. Kemudian cek lagi apakah sdcard bisa terbaca.

Apabila tetap bandel maka bisa memakai cara terakhir yaitu dengan downgrade/upgrade firmware Xiao Fang secara manual. Cara ini sumbernya dari andryou.com/2017/07/11/setting-xiaomi-xiaofang-security-camera. Disini saya akan jelaskan garis besarnya saja. Tapi kerusakan ditanggung sendiri ya apabila gagal dalam upgrade manual.


Bahan yang dibutuhkan:

Setelah didownload, berikut langkahnya:

  • Format dahulu micro sd,
  • Ekstrak firmware xiao fang yang tadi didownload ke dalam sdcard.

Kemudian masukkan microsd ke dalam Xiao Fang dalam posisi mati. Pencet dan jangan lepaskan tombol reset sambil menyalakan Xiao Fang. Lepaskan saat terdengar suara notifikasi. Kemudian tinggal pairing ulang/setting Xiao Fang dengan aplikasi.

Apabila sudah berjalan lancar sebaiknya jangan update lagi firmware lewat aplikasi karena kemungkinan besar bisa eror kembali. Lakukan dengan hati-hati karena kalau salah bisa bikin eror. Do With Your Own Risk.

Semoga Bermanfaat

 


62 KOMENTAR

  1. apakah sudah ada solusi supaya firmware update terbaru bisa deteksi sd card ? ulasan diatas memang betul, kejadian yang saya alami hampir 3 hari cari solusi namun tidak dapat, hanya jalan seperti uraian diatas yang bisa mengatasi problem sesuai judul,

  2. hanya saja kelemahan Firmware XiaoFang v3.0.3.56 sering keluar sendiri dan kebanyakan offline ketika buka via jaringan internet sedangkan frimware terbaru kejadian seperti itu jarang terjadi tapi biasa juga sih, tayangannya kurang jernih jika dibandingkan tayangan firmware terbaru

  3. Bagaimana cara agar SD card bisa terdeteksi di firmware v3.0.3.56? Saya punya sudah bisa merekam, namun SD card tidak muncul

  4. saya ada pakai bbrp xiaofang. anehnya, ada yg firmware 3.3.3.25 bisa detect sd card, ada yang firmware sama tapi ga bisa detect. kalo yg firmware 3.3.3.59 semua ga bisa detect.

  5. tadi saya coba cara di atas, jadinya xiaofang nya brick, lampu led orange nya nyala terus. ada yg tau cara un brick nya? thanks.

    • Coba dengan format sdcard, kemudian ekstrak firmware xiao fang ke sdcard, masukkan ke xiao fang kemudian nyalakan sambil pencet reset. sama pencet tombol reset terus menerus jangan dilepaskan sekitar 5 menitan. Setelah itu tekan reset kembali untuk pairing ulang.

  6. Bang kalo Xiaofang gak bisa connect pas di connect hanya sampe 90℅ trus time out sampe beberapa kali

  7. Tolong dibantu, xiaofang sy lampu kuning nya tidak berkedip lagi apabila dinyalakan, otomatis tidak bisa digunakan, apa ada solusi nya

    • Coba dengan sdcard lain, xiao fang memang agak susah susah gampang. Pastikan juga dipencet terus tombol reset saat menyalakan xiaofang.

  8. bang ada sedikit pertanyaan karena sementara saya coba di atas malah gagal:
    1. SD card harus diformat tipe apa?
    2. tandanya sudah proses format dan selesai format apa gan?
    xiaofang saya kedip2 orange soalnya… trims bang

    • 1. Dengan fat 32, misal pakai sdcard 16GB tidak bisa maka coba pakai yg lebih kecil misal 8GB.
      2. Nanti akan masuk kembali seperti awal direset. Jadi tombol reset ditekan lama saja sekitar 5 menit.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini