Mengatasi MicroSd Tak Terbaca di Xiaomi Xiao Fang



Xiao Fang merupakan cctv besutan Xiaomi dimana bisa merekam langsung ke dalam microsd card /mmc. Namun bagaimanakah cara mengatasi microsd tak terbaca di Xiaomi Xiao Fang? Saya pernah mengalami sdcard tidak terbaca karena gagal saat update firmware Xiao Fang lewat aplikasi MiHome.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  • Cek dahulu apakah Xiao Fang merekam atau tidak lewat menu Loop Back atau pasang sdcard di laptop. Mi Home versi terbaru sdcard sering tidak terbaca namun ternyata masih berjalan dengan lancar.
  • Jika ternyata tidak ada rekamannya, cek microsd yang digunakan apakah eror atau tidak. Misalnya dengan memasang di ponsel atau laptop.
  • Kemudian format microsd tersebut.
  • Jika tetap tidak terbaca di Xiao Fang, silakan coba dengan sdcard lain.
  • Reset Xiao Fang dengan cara menekan tombol reset. Kemudian cek lagi apakah sdcard bisa terbaca.

Apabila tetap bandel maka bisa memakai cara terakhir yaitu dengan downgrade/upgrade firmware Xiao Fang secara manual. Cara ini sumbernya dari andryou.com/2017/07/11/setting-xiaomi-xiaofang-security-camera. Disini saya akan jelaskan garis besarnya saja. Tapi kerusakan ditanggung sendiri ya apabila gagal dalam upgrade manual.

Bahan yang dibutuhkan:

Setelah semua didownload, berikut langkahnya:

Mengatasi MicroSd Tak Terbaca di Xiaomi Xiao Fang


  • Install dahulu Win32Disk Image.
  • Masukkan microsd ke card reader, pastikan tidak ada data penting dalam sdcard karena semua akan terhapus.
  • Ekstrak fanghacks_v0.2.0.zip, hasilnya berupa file fanghacks_v0.2.0.img.
  • Jalankan Win32Disk Image. Pada “Image File” pilih fanghacks_v0.2.0.img.
  • Bagian “Device” pilih drive dimana microsd berada.
  • Klik “Write”.

Setelah selesai, buka drive dimana microsd berada. Ekstrak Firmware Xiao Fang kedalam drive microsd tersebut sehingga didalamnya terdapat folder dan file seperti ini.

Mengatasi MicroSd Tak Terbaca di Xiaomi Xiao Fang

Kemudian masukkan microsd ke dalam Xiao Fang dalam posisi mati. Pencet dan jangan lepaskan tombol reset sambil menyalakan Xiao Fang. Tetap pencet tombol reset meski terdengar suara notifikasi. Lepaskan tombol reset saat lampu orange berhenti berkedip. Kemudian tinggal pairing ulang/setting Xiao Fang dengan aplikasi.

Microsd hanya akan terbaca 100MB saja, untuk mengembalikan seperti semula silakan download Mini Tool Partition Wizard. Dengan tool ini akan bisa menghapus partisi dan mengembalikan sdcard sesuai kapasitas semula. Fang Hack sebenarnya adalah trik agar bisa menjalankan RTSP serta FTP di Xiao Fang. Untuk mengaktifkan lewat http://alamat ip xiao fang/cgi-bin/status. Namun jika hack ini diaktifkan maka Xiao Fang tidak bisa merekam kedalam sdcard dan MiHome tidak jalan.

Apabila sudah berjalan lancar sebaiknya jangan update lagi firmware lewat aplikasi karena kemungkinan besar bisa eror kembali. Lakukan dengan hati-hati karena kalau salah bisa bikin eror. Do With Your Own Risk.

Semoga Bermanfaat

 


29 Comments

  1. ezra
  2. Roviansyah W
  3. Afrizal

Leave a Reply

*