Menulis Blog WordPress Lewat Google Docs


Salah satu sarana online yang bisa dipakai buat menulis draft blog adalah Google Docs. Namun menulis blog WordPress lewat Google Docs terkadang mempunyai kendala terutama saat memindahkan teks dan gambar dari Docs ke WordPress. Gambar tidak bisa langsung pindah dengan copy paste. Namun kini ada sebuah add on Google Docs yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Tips ini bisa dipakai di blog WordPress.com maupun hosting sendiri. Namun untuk hosting sendiri harus mempunyai plugin Jetpack. Pertama tama install dahulu plugin WordPress.com for Google Docs add-on, klik tombol “Gratis”.

Menulis Blog WordPress Lewat Google Docs

Akan ada notifikasi untuk meminta ijin menjalankan plugin tersebut, silakan klik “Lanjutkan” dan ijinkan di tahapan berikutnya.

Menulis Blog WordPress Lewat Google Docs



Di menu “Pengaya” pilih “Wordpress.com for Google Docs – Open”. Di samping kanan tekan tombol “Add WordPress Site”. Silakan login dengan akun WordPress.com Anda dan ijinkan penggunaan Google Docs di WordPress.

Menulis Blog WordPress Lewat Google Docs

Anda bisa mulai menulis blog setelah akun tersambung. Tag, Jenis Post dan Kategori bisa diatur lewat menu di samping kanan. Setelah selesai klik “Save” maka tulisan tersebut akan masuk sebagai draft di blog Anda baik teks maupun gambarnya.

Menulis Blog WordPress Lewat Google Docs

Namun pada saat saya coba “Save” terdapat notifikasi eror. Setelah beberapa kali mencoba akhirnya bisa tersimpan di blog. Mungkin lebih lancar jika menggunakan blog yang WordPress.com.

Contoh tulisan yang ditulis dengan Google Docs adalah seperti yang Anda baca ini. Kekurangan plugin ini yaitu tidak bisa mengatur featured image serta tidak bisa publish langsung dari Google Docs. Selain itu kadang suka susah tersimpan alias eror saat menggunakan hosting sendiri.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply

*