Connect with us

Video

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Published

on

Virtual video mixer Vmix sebenarnya telah menyediakan input untuk menjalankan file Powerpoint secara langsung. Namun fiturnya sangat terbatas dan tidak bisa untuk memainkan audio video yang ada di presentasi tersebut. Agar lebih lengkap dan enak dalam mengendalikan maka bisa melakukan presentasi dengan laptop lain di Vmix. Tidak hanya presentasi namun semua jenis aktifitas yang ada di laptop lain bisa tampil di laptop/pc yang memakai Vmix.

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Fitur yang digunakan adalah Desktop Capture/NDI. Pastikan kedua laptop/pc baik yang terinstall Vmix maupun yang akan digunakan untuk presentasi tersambung dalam jaringan yang sama. Misalnya saja bisa tersambung dalam jaringan wifi dalam sebuah router.

Silakan download dahulu software Desktop Capture di www.vmix.com/software/download.aspx. Kemudian ekstrak file zip tersebut. Software ini portabel sehingga bisa dipakai tanpa menginstall. Jalankan Vmix Desktop Capture ini di laptop yang akan digunakan untuk presentasi (laptop kedua).

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Di laptop/pc yang terinstall Vmix tambahkan input NDI/Desktop Capture. Di sebelah kanan maka akan otomatis muncul tampilan dari laptop kedua. Pilih Display 1 untuk menampilkan semua tampilan desktop laptop kedua. Atau bisa memilih salah satu aplikasi yang berjalan.

Advertisement

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Tampilan dari laptop kedua sudah bisa muncul di input vmix.

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Namun apabila dipakai untuk memainkan audio/video sebaiknya memakai router yang bagus, atau bisa juga memakai sistem kabel lan agar video tidak tersendat sendat. Jumlah laptop yang bisa ditampilkan di Vmix tidak terbatas. Anda bisa menambahkan laptop ketiga, keempat, kelima dst. Caranya hanya dengan tersambung di jaringan yang sama dan menjalankan software Vmix Desktop Capture.

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Internet

Agar Sources Browser di OBS Bisa Diklik

Published

on

Salah satu “Sources” yang ada di OBS adalah “Browser” dimana pengguna bisa menampilkan halaman web ke dalam OBS, misalnya saja menampilkan video Youtube, website dan lain sebagainya. Namun setelah alamat web dimasukkan dan tampilan muncul di OBS maka tampilan web tersebut tidak dapat diklik. Misalnya saja membuka video Youtube maka kursor tidak bisa dipakai untuk membuat video Youtube tersebut full screen. Berikut ini cara cepat agar sources browser di OBS bisa diklik. (lebih…)

Continue Reading

Video

Agar Suara OBS Terdengar di Speaker

Published

on

OBS (Open Broadcaster Software) adalah aplikasi open-source dan gratis yang digunakan untuk merekam dan melakukan streaming video atau audio secara langsung. OBS memungkinkan pengguna untuk merekam layar komputer, kamera web, serta mengintegrasikan sumber audio dan video lainnya ke dalam satu tampilan. Aplikasi ini sangat berguna bagi para content creator, gamer, atau siapa saja yang ingin berbagi informasi atau konten secara online. Berikut ini ada sedikit tips mengenai cara agar suara OBS terdengar di speaker. (lebih…)

Continue Reading

Video

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Published

on

Kamera ponsel telah menjadi fitur standar pada hampir semua ponsel modern saat ini. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa kamera ponsel juga dapat digunakan sebagai kamera di OBS Studio. Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan ini seperti DroidCam, Iriun, Ivcam, dan lainnya. Namun, ada satu opsi yang lebih praktis yaitu menggunakan vdo.ninja. Vdo.ninja adalah website yang memungkinkan kamu untuk memasukkan kamera ponselmu ke dalam OBS dengan mudah dan efisien. Caranya melalui browser dengan menggunakan sistem Peer-to-Peer. Berikut cara cepat menampilkan kamera ponsel ke OBS.

(lebih…)

Continue Reading