Multimedia Dalam Pentas Tujuhbelasan


Acara rutin yang diadakan pada bulan Agustus adalah acara tujuhbelasan. Biasanya dimeriahkan dengan  pentas hiburan yang berisi pertunjukan dari warga setempat. Agar acara menjadi lebih menarik maka bisa menggunakan bantuan multimedia. Berikut ini sedikit ide penggunaan multimedia dalam pentas tujuhbelasan.

Multimedia Dalam Pentas Tujuhbelasan

Multimedia disini lebih ditekankan dalam penggunaan layar yang terpasang di panggung. Jadi layar tidak hanya sekedar untuk memainkan video atau karaoke. Namun sesuatu yang lebih greget.

Untuk liputan acara bisa menggunakan multi kamera. Penggunaan multi kamera kemudian ditampilkan di layar kini tidak begitu susah. Anda bisa memakai aplikasi virtual mixer Vmix. Alat yang dibutuhkan hanya berupa kamera video, laptop, usb capture/tv tuner usb dan kabel panjang. Apabila tidak ada yang mempunyai kamera video maka bisa diganti dengan memakai ponsel. Namun kelemahan menggunakan ponsel yaitu gambar agak patah-patah, tergantung kualitas router wifi yang dipakai. Hasil multi kamera bisa ditampilkan di layar maupun streaming langsung ke Youtube/Facebook.

Pembukaan acara tujuhbelasan bisa diisi dengan klip singkat. Misalnya video beberapa anak berlarian membawa bendera keliling kampung dan diakhir video disambung dengan anak-anak tersebut naik ke panggung dengan melewati penonton. Bisa dilanjutkan dengan menyanyi lagu-lagu perjuangan dsb.



Berbagai sambutan biasanya menghiasi awal acara dan tentu saja membosankan. Biar tidak membosankan bisa dengan membuat sedikit efek. Dibelakang tempat untuk berpidato pasang kain hijau, kemudian ganti background warna hijau tersebut dengan video lokasi lain melalui Vmix. Misalnya saja diganti video jembatan, tugu atau lokasi lain yang menarik di wilayah tersebut. Sehingga di layar, orang yang lagi pidato seolah-olah tampil dilokasi lain.

Setelah sambutan selesai, bisa menampilkan video ibu-ibu/bapak-bapak yang ngerumpi membahas mengenai pidato tersebut. Misalnya saja mengomentari bahwa pidatonya sangat lugas dan kemudian dilanjutkan dengan memberi informasi siapa yang akan tampil berikutnya. Video bisa direkam sebelumnya, dengan suasana seolah-olah di lokasi tersebut.

Buat penonton yang suka main sosial media maka bisa ikutan mengucapkan selamat hari kemerdekaan. Misalnya saja menggunakan Twitter dengan hashtag khusus dan ditampilkan di bagian bawah layar selama acara berlangsung. Untuk menampilkan sosial media bisa memakai Vmix juga.

Drama mengenai kemerdekaan rutin menghiasi pentas tujuhbelasan. Agar drama lebih menarik maka bisa menggunakan 2 tampilan yang saling tersambung. Adegan berupa dialog ditampilkan langsung di panggung dan adegan perang ditampilkan di layar dengan memainkan video yang sudah diberi efek tembakan, ledakan dan sebagainya. Bisa juga keduanya digabung menjadi satu, misalnya adegan diserang pesawat Belanda maka pesawat tampil di layar sedangkan pemain di panggung berakting berusaha melawan pesawat tersebut. Lebih bagus lagi dipanggung diberi efek asap, kilatan dan kembang api.

Adegan kejutan tentu bisa membuat suasana menjadi lebih riuh. Matikan listrik saat acara sedang berlangsung, misalnya saja saat ada yang sedang bernyanyi. Tunggu beberapa menit dalam gelap gulita, kemudian di layar tampilkan video orang yang menyalakan korek api dilanjutkan dengan drama singkat yang seolah-olah berusaha untuk menghidupkan listrik kembali. Saat video selesai, listrik menyala dan penyanyi langsung meneruskan lagunya.

Banyak hal kreatif lainnya yang bisa dilakukan dengan multimedia selama pentas tujuhbelasan. Tapi yang utama adalah kebersamaan. Meski sederhana kalau dibuat bersama-sama tentu lebih berkesan.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*