Akhirnya beli lagi modem 4G LTE karena modem sebelumnya rusak slot simcardnya. Setelah membaca kesana kemari pilihan  jatuh kepada ZTE MF831. Harganya relatif terjangkau dan mendukung frekuensi 4G LTE di 1800MHz dan 2300MHz, sehingga bisa dipergunakan untuk layanan 4G LTE seluruh operator di Indonesia. Untuk Xl, Indosat, Telkomsel dan Tri berjalan difrekuensi 1800MHz , sedangkan Smartfren dan Bolt di 2300MHz.

Bentuknya standart, seperti modem pada umumnya dengan ukuran 90×28.4x13mm. Harga ZTE MF831 sekitar 370 sampai 400rb pada saat artikel ini dibuat. Paket pembeliannya cukup minimalis, hanya mendapat sebuah modem, selembar kertas panduan dan kotak plastik.

Review ZTE MF831, Modem 4G Yang Bisa Semua Operator

Ukuran simcard yang digunakan adalah mini alias yang biasa. Slot simcard berbentuk datar sehingga simcard aman dari kemungkinan tersangkut.

Review ZTE MF831, Modem 4G Yang Bisa Semua Operator

Dibagian samping terdapat dua buah lubang untuk antena eksternal.

Review ZTE MF831, Modem 4G Yang Bisa Semua Operator


Saat dicolok ke komputer, otomatis modem akan terinstall dan tersambung internet. Namun jika tidak terinstall otomatis silakan install aplikasi bawaan secara manual. Saat mencari sinyal atau sedang proses maka lampu akan menyala terus menerus. Saat tersambung ke internet, lampu menjadi berkedip-kedip.

Review ZTE MF831, Modem 4G Yang Bisa Semua Operator

Untuk pengaturan modem silakan membuka 192.168.0.1 melalui browser. Terdapat fitur sms, phonebook serta ussd di dalam dashboard modem. Anda juga bisa mengubah koneksi menjadi 4G Only melalui menu Setting. Koneksi berjalan lancar saat dipergunakan dengan beragam operator 4G.  Saat dipasang simcard Smartfren juga bisa dikenali dan berjalan dengan baik. Namun Smartfren menggunakan frekuensi 850 dan 2300MHz, sehingga jika di wilayah tersebut memakai frekuensi 850MHz maka tidak bisa menggunakan modem ini.

Review ZTE MF831, Modem 4G Yang Bisa Semua Operator

ZTE MF831 dapat dicolok langsung ke router. Router yang saya pergunakan adalah TPLINK MR3020 yang memakai firmware bawaan.

Review ZTE MF831, Modem 4G Yang Bisa Semua Operator

Secara keseluruhan performa modem ZTE MF831 lumayan bagus, tidak panas serta bisa dipakai semua operator di Indonesia. Brandnya juga sudah cukup terkenal dan harganya lumayan terjangkau. Semoga saja bisa awet lama 😀

Semoga Bermanfaat


32 KOMENTAR

  1. ZTE MF831 dapat dicolok langsung ke router. Router yang saya pergunakan adalah TPLINK MR3020 yang memakai firmware bawaan.
    bisa suport 4G engga bos pake router ini?

  2. masih memilih antara Huawei E3372 dan ZTE MF831. saya punya ZTE MF825 tapi 4G ga support GSM dan pada dashboard tidak ada menu USSD dan Call hanya ada menu SMS. apakah pada dashboard ZTE MF831 ada menu USSD dan call?
    Terimakasih.

      • Terimakasih mas jawabannya. Mau tanya pendapat mas lebih worthed mana antara kedua modem tersebut? karena kayaknya ZTE lebih banyak support jaringan (support 2300 MHZ) huawei gak support. and rencana penggunaan modem hanya di Sumatera (Bengkulu) yang tidak terdapat jaringan BOlt dan Smartfren.

  3. Saya juga menggunakan TP Link MR3040, tidak ada masalah router dan modem tidak terasa panasnya adeemm, led berwarna biru 4G nyambung terus walau cuma 2 bar, kayaknya huawei harus tiru zte MF831, untuk sementara modem huawei saya simpan dulu hehe…

  4. Mas tau cara buka port utk ssh / telnet gak di modem ini. Klo di lihat via TC adb modem ini sudah ada dropbearnya tp gak bisa diakses via port 22 ssh.

  5. mau tanya dong knp ya buka sms di mf831 waiting mulu?sebelumnya ga knp2.cara reset atau fixnya gimana ya gan?

  6. mau tanya mas, modem saya zte mf 831, selalu gagal setiap kali saya konekan dan modem tersebut saya pakai di tp link tl mr 3420, dan drivernya tidak bisa saya instal.mhn jawabanya, makasih

    • kl dicolok ke laptop/pc biasanya otomatis install dan konek. untuk mengatur bisa masuk di 192.168.0.1 lewat browser. kl tdk detek di mr 3420 coba update firmware nya ke versi baru yg ada di Web tp link.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini