Dua minggu terakhir, saya mendapat beberapa kali missed call (panggilan tak terjawab) dari nomor asing luar negeri. Nomornya diawali dengan +224 dan +243 yang diketahui berasal dari Guinea dan Kongo di Afrika. Tentu saja hal ini sangat mencurigakan karena tidak pernah ada kerabat ataupun teman di luar negeri, apalagi dari Afrika. Kebanyakan orang jika penasaran maka akan mencoba menelpon ulang nomor tersebut. Namun sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan karena missed call tersebut hanyalah jebakan saja.

Waspada Jebakan Missed Call dari Nomor Luar Negeri


Membaca dari beberapa media dalam dan luar negeri, modus missed call ini ternyata sudah berlangsung lama. Mereka melakukan penipuan dengan cara missed call untuk mencari keuntungan. Para pelaku menggunakan layanan premium call internasional. Mereka memancing korban dengan cara missed call. Apabila korban menelpon ulang maka pulsa korban akan tersedot untuk layanan premium call tersebut. Dan tentu saja pelaku mendapat komisi keuntungan dari premium call, meski korban hanya menelpon sejenak.

Agar aman, apabila mendapat missed call dari nomor asing luar negeri maka diamkan saja. Jangan telepon ulang nomor asing tersebut. Tetap waspada dan cerdas saat mendapatkan telepon atau sms dari nomor yang tidak dikenal.

Semoga Bermanfaat


32 KOMENTAR

    • Barusan dapat miskol juga dari nomer seperti diatas. Awalnya beneran telpon penting dari luar negeri karena kebetulan lg ada proyek dg klien di Canada dan Turki. Nyoba googling ternyata ada yang bernasib sama. Thanks infonya bro Darmawan dan bro Riffai.

  1. Maaf ya mas aku tanya.. udah 3 hari ada yg miss called kodenya +243, trus tadi aku telpon balik karenapenasaran, ke angkat trus langsung tak matiin. Ini gimana yaa, pulsaku kesedot sih tadi.

    • biasanya kayak premium call, tergantung tarifnya disana dan cm motong saat ditelp saja. jadi kl ada missed call jangan di telp balik, didiemin aja drpada pulsa habis sia sia.

  2. Saya juga sering bnget ditelpon(niatnya missed call.ato bneran tlpn…gk tahu). Kadang +92..kdng + 67.. bahkan ini sjk januari kmrn smpe skrg, ad nmr +67570892374 selalu rutin tlpn tp tdk sy angkat. Sy tdk punya tmn ato krbat d luar negeri. Prnh gk sengaja keangkat…trnyt suara cewek ngmong bhs inggris cepeet bnget yg ujung2nya dia blg MUUUAACCCHH…MUUAAWCHH..
    hadeeh..apaan itu ya.

  3. Barusan ane di tlpon +819, tapi ane cuekin.
    Tadi pagi jam 9, juga 3 kali berturut-turut.
    Untung saya gak ngangkat. Org cari duit kok begini ya??
    Yg halal dan berkah masih banyak dicari

  4. Saya juga pernah 2 kali 2 bulan yg lalu dan hari ini jam 17.45 nomor rusia (+7) 958 297 ….
    Bagi saya kalau tidak kenal dengan nomornya tidak akan saya terima. Btw thx infonya bro Darmawan

  5. Saya barusan dapat missed call dari +67570894105, sekali dering terus mati. Coba googling ternyata itu kode dari Papua New Guinea. Tapi saya biarkan saja, tdk telp balik. Hati-hati aja…

    • Sama barusan saya juga dapat missed call dari +67570894105 itu kode dari Papua New Guinea.
      Sepertinya mereka komplotan yang mau nipu

  6. Saya baru saja mendapat telepon dari +67570894105, lalu saya angkat dan trdengar suara seorang wanita berbahasa inggris, dgn nada genit meminta saya untuk telepon balik, mohon hati2, tidak perlu ditelpon balik atau pun diangkat.

  7. Isteri saya sering dpt miscall dari nmr Papua nugini itu.. Gak diangkat.. Tp pulsa tetep kesedot… Gmn solusinya ya?

    • seharusnya tdk kepotong kl tdk diangkat, coba langsung ditanyakan ke cs operator seluler yg digunakan. nanti bisa dilihat apa yg memotong pulsanya.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini