Jika Anda suka membuat video yang disertai dengan obrolan suara atau video log maka dua aplikasi ini bisa membantu dalam berkarya. Merekam video dalam kondisi bising mengakibatkan suara si pembawa acara tidak begitu jelas terdengar, oleh karena itu membutuhkan mic eksternal agar suara menjadi lebih bagus. Aplikasi kamera bawaan dari ponsel biasanya tidak mendukung penggunaan microfone eksternal, sehingga Anda membutuhkan aplikasi lain. Berikut ini cara rekam video dengan mic eksternal di ponsel android.

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android

Cinema FV-5

Untuk mengaktifkan microfone eksternal caranya dengan masuk ke setting – pilih icon audio – tekan Audio Source – pilih External Mic.


Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android

Cinema FV-5 tersedia versi lite dan berbayar. Untuk versi gratisnya terdapat pembatasan yaitu hanya bisa merekam sampai 720p serta ada limit dalam setiap durasi rekaman. Versi berbayar dapat menggunakan kamera depan namun tidak bisa menggunakan mic eksternal. Sehingga mic external hanya bisa digunakan dengan kamera belakang saja.

Open Cam

Untuk mengaktifkan microfone eksternal silakan masuk ke Setting – Video Settings – Audio Source – External Mic (if present).

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android

Open Cam dapat mempergunakan kamera depan maupun belakang dengan mic eksternal, namun pengaturan videonya tidak selengkap di Cinema FV-5.

Mic eksternal dapat mempergunakan mic dari earphone. Apabila ingin kualitas yang lebih baik maka bisa memakai mic clip on/lavalier. Selain itu bisa juga mempergunakan bluetooth mic.

Semoga Bermanfaat


37 KOMENTAR

  1. Saya pake hp xiaomi x4 dan mic external yang stereo. Sejak 1bulan saya gunakan mic external dan 2hari kemarin saya pakai rekam video hasilnya juga masih bagus tapi tiba2 tadi pas saya coba rekam lagi hasilnya malah kaya mp3 yang terkompres (sudah coba ganti mic dan setting2 tapi hasilnya tetap) . Kira2 apa ya penyebabnya dan gimama mengatasinya.

    • ada beberapa cara untuk mengetesnya, coba pakai mic bawaan apakah hasilnya jg jelek. kalau pake case hp coba dilepas dahulu. kadang colokan tdk masuk sepenuhnya kl pakai case. bersihkan colokan mic di ponsel, siapa tahu kotor. kemungkinan lain colokan di ponsel eror (tembaganya ada yang lepas) sehingga suara tdk bagus.

  2. Hp oppo.. Saya pakai mic condensor bm800 kok ga bisa ya…. Apa harus pake spliter lagi atau gimana ya kaka? Gimana cara ngatasinya ya kaka… Tolong kaka

    • coba pakai spliter, kadang ada yg tdk mau kalau langsung. sama bagian earphonenya jg dimasuki colokan misalnya dari earphone. kl masuk nanti ada logo earphone di hpnya. tp micnya jg biasanya yg aktif, yg ada power baterainya.

  3. Mas aku pake mic condenser bm 700 dan pakek splitter, di hp tmenku beneran bagus suaranya, tp d hpku kok gk kayak punua tmnku ya suaranya, bedanya cuma di hpku gk ada noise gtu aja, klo d hp tmnku, gk ada noise suaranya pun jernih kayak rekaman beneran

    • setiap hape bisa berbeda karena chipnya suaranya juga berbeda. noise bisa juga karena colokan agak kotor. kalau ingin tahu suara aslinya diplay di laptop atau pc, nanti keliatan bagus/tidaknya.

  4. Mas maaf numpang nanya aplikasi open cam itu ada batasan durasi rekam ngga ya soalnya kemaren saya coba pake kegiatan motovlog videonya berheni sendiri terus ngerekam lagi jadi hasil videonya kebagi” mohon pencerahannya

    • Ada batasan file size di video di android, biasanya antara 2 sampai 4Gb,tergantung dari hpnya. Jadi dipotong sesuai maksimal ukuran yg ditentukan hpnya. Pengaturan ada di video setting open camera. Biar lebih panjang coba resolusi perekam an diperkecil.

  5. maaf mas saya mau tanya , kan saya ngeyoutube , trus saya biasa record pake hp setiap ngeupload video game saya , nah saya kan ingin coba pakai suara saya , biasa saya pakai mic bawaan headset saya . trus saya mau nyobain di mic clip on , tpi suara saya gak ada , padahal saya udh aktifkan audionya , saya pake az screen recorder , apa memang gk bsa atau gmna ya ?

  6. Gan mau tanya, saya pake mic bm 8000 hp saya xiomi redmi 4. Pakai splitter tapi ko dicamera (pakai aplikasi cinema) suaranya kurang bersih ya,terkesan agak kecil. Mohon pencerahannya gan,thanks

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini