Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android


Jika Anda suka membuat video yang disertai dengan obrolan suara atau video log maka dua aplikasi ini bisa membantu dalam berkarya. Merekam video dalam kondisi bising mengakibatkan suara si pembawa acara tidak begitu jelas terdengar, oleh karena itu membutuhkan mic eksternal agar suara menjadi lebih bagus. Aplikasi kamera bawaan dari ponsel biasanya tidak mendukung penggunaan microfone eksternal, sehingga Anda membutuhkan aplikasi lain. Berikut ini cara rekam video dengan mic eksternal di ponsel android.

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android

Cinema FV-5

Untuk mengaktifkan microfone eksternal caranya dengan masuk ke setting – pilih icon audio – tekan Audio Source – pilih External Mic.

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android


Cinema FV-5 tersedia versi lite dan berbayar. Untuk versi gratisnya terdapat pembatasan yaitu hanya bisa merekam sampai 720p serta ada limit dalam setiap durasi rekaman. Versi berbayar dapat menggunakan kamera depan namun tidak bisa menggunakan mic eksternal. Sehingga mic external hanya bisa digunakan dengan kamera belakang saja.

Open Cam

Untuk mengaktifkan microfone eksternal silakan masuk ke Setting – Video Settings – Audio Source – External Mic (if present).

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android

Open Cam dapat mempergunakan kamera depan maupun belakang dengan mic eksternal, namun pengaturan videonya tidak selengkap di Cinema FV-5.

Mic eksternal dapat mempergunakan mic dari earphone. Apabila ingin kualitas yang lebih baik maka bisa memakai mic clip on/lavalier. Selain itu bisa juga mempergunakan bluetooth mic.

Semoga Bermanfaat


37 Comments

  1. Mas mic external yg standar juga cocok untk hp xiaomi tu kira2 apa?

    • saya blm pernah nyoba yg paling cocok dengan xiaomi, saya biasanya pakai mic boya by m1, harganya sekitar 200rban. tp kadang perlu splitter buat nancep di hp.

  2. Oh ya satu lagi. Itu kira2 klo yg standar berapa harganya?

  3. Ini mungkin tergantung hp nya ya mas….saya sudah coba pakai 2 aplikasi diatas tapi tetap tidak bisa pakai mic eksternal padahal di pengaturan sumber suara sudah ke eksternal, untuk aplikasi perekam suara pun sama, tidak ada yang bisa. HP saya Andromax R2

    • Iya mas,ada yang tidak bisa langsung colok. Alternatifnya memakai kabel tambahan yang ujungnya isi dua buah. Nanti diisi mic dan satunya earphone.

      • Saya sudah pakai split seperti itu tetap suara mik ny yg tertangkap dari mik internalnya.. padahal sudah di seting sumber audionya pakai mik eksternal.. hape nya Evercoss R50A..

        • Kemungkinan karena colokan tidak cocok dengan ponsel tersebut. Bisa juga karena mic eksternal ya tidak cocok. Jadi tergantung ponsel dan micnya.

  4. Saya pake Xiaomi gak jalan mic eksternal na pake Splitter

  5. Awalnya di aplikasi cinema fv 5 kamera depannya gk nemu, begitu ketemu masih ada masalah yaitu mic externalny gk berfungsi, setelah baca diatas ternyata yg bisa menggunakan mic external hanya kamera belakang saja walaupun di kamera depannya ada di seting mic external

  6. Hati2 kalo pesan kabel spliter di online, pesan kabel spliter mic dan audio (di kabel ada symbol mic n audio) yg datang kabel spliter dual audio, yg gak ada symbolnya, jadi walaupun mic di colok ya gak hidup, menurut saya walaupun pakai mic suara ambience tetep terekam, tetapi karena dgn mic external lebih sensitif, suara ambience tdk terlalu mengganggu dan pada saat di edit bisa dianggap noise dan bisa di minimalisir atau dihilangkan jadi utamanya pilih kabel hati hati

Leave a Reply