Connect with us

Prakarya

Cara Sederhana Scan Negatif Film

Published

on

Era tahun 90-an, kamera digital sangat jarang bahkan belum ada. Untuk memotret masih menggunakan negatif film dan harus dicetak untuk melihat hasilnya. Jika Anda masih mempunyai koleksi foto dalam negatif film dan ingin merubahnya ke dalam bentuk digital berikut ini cara sederhana scan negatif film. Bahan yang dibutuhkan hanya ponsel dan kamera yang bisa mode macro/micro baik dslr, kamera saku atau ponsel.

Cara Sederhana Scan Negatif Film

Cara Sederhana Scan Negatif Film

  • Silakan cari di google gambar warna putih, kemudian buka di ponsel Anda. Naikkan kecerahan ponsel sampai maksimal. Letakkan negatif film diatas layar ponsel.

scan negatif film 1

  • Kemudian potret layar ponsel Anda. Maka Anda akan mendapatkan hasil seperti ini.

Cara Sederhana Scan Negatif Film

  • Setelah itu buka aplikasi editor gambar. Disini saya memakai Photoshop, namun bisa juga memakai editor gambar lain baik di pc atau ponsel. Jika memakai Photoshop, silakan buka menu “Image” – “Adjustment” – “Invert”. Maka warna foto menjadi normal.

Cara Sederhana Scan Negatif Film

  • Untuk mengubah warna bisa dengan menu “Image” – “Adjustment” – “Color Balance”. Untuk kecerahan dengan menu “Brightness/Contrast”. Sesuaikan dengan keinginan Anda.

Cara Sederhana Scan Negatif Film

  • Contoh hasilnya seperti ini.

Cara Sederhana Scan Negatif Film

Hasilnya memang tidak bisa sekinclong dicetak langsung, karena kadang ada bintik-bintik dari layar ponsel. Namun lumayan untuk sekedar melihat kenangan di masa lalu 😀

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Prakarya

Memperbaiki Jam Dinding Yang Lambat Atau Telat

Published

on

Ada sebuah jam dinding yang masih baru, namun saat dipergunakan seringkali waktunya tidak sesuai alias lambat. Kalau orang jawa bilang jam rendet. Bagaimanakah cara sederhana memperbaiki jam dinding yang lambat atau telat? (lebih…)

Continue Reading

Info

Menempel Spanduk ke Dinding Tanpa Paku

Published

on

Saat ini untuk membuat backdrop alias background dekor tidak begitu susah. Tidak perlu memotong tulisan di kertas berwarna satu persatu kemudian ditempel ke kain 😀 Sekarang tinggal desain di komputer kemudian cetak di tukang cetak spanduk. Spanduk yang sudah jadi biasanya diberi keling di ujungnya untuk memasang tali ataupun dipaku di dinding. Namun bagaimana cara menempel spanduk ke dinding tanpa paku? (lebih…)

Continue Reading

Prakarya

Membuat Kotak Kado Sendiri

Published

on

Kotak atau box untuk tempat kado banyak dijual di pertokoan. Namun bagaimana jika ingin membuat kotak kado sendiri dengan mudah dan cepat? Tentunya agak lama jika harus membuat pola sendiri dan kadang hasilnya miring kalau membuat garisnya tidak tepat. Agar mudah dan cepat maka Anda bisa membuat pola secara online. (lebih…)

Continue Reading