Membuat CCTV dengan Ponsel Android


Ponsel android mempunyai banyak fitur dan manfaat, salah satunya dengan menggunakannya sebagai cctv. Yang dibutuhkan yaitu 2 buah ponsel android, satu sebagai kamera dan satu untuk melihatnya. Atau bisa juga dengan sebuah ponsel android sebagai kameranya dan pc/laptop untuk melihatnya. Kali ini saya akan mencoba mempergunakan 2 ponsel android untuk membuat cctv.

Cara Membuat CCTV dengan Ponsel Android

  • Silakan install dahulu aplikasinya lewat Google Play.
  • Kemudian buka aplikasi AtHome Camera di ponsel yang untuk memantau. Bisa mendaftar lebih dahulu atau langsung mencoba dengan pilih “Start To Use Now”.

cctv ponsel android 1

  • Kemudian pilih “Smartphone”.

cctv ponsel android 2

  • Pilih “Next Step”.

cctv ponsel android 3



  • Pilih “Tap here to scan the QR Code”.

cctv ponsel android 4

  • Buka aplikasi AtHome Video Streamer di ponsel yang dijadikan kamera. Pilih “Generate QR Code”. Kemudian scan kodenya dengan ponsel pertama.

cctv ponsel android 6

  • Anda bisa melihat tangkapan kamera ponsel kedua di ponsel pertama.

cctv ponsel android 5

Jika hanya ada 1 ponsel android, maka Anda bisa memakai pc untuk melihatnya. Software untuk memantau bisa didownload di ichano.com/download.

Fitur yang tersedia di AtHome antara lain bisa merekam video, bisa berbicara ke ponsel yang dijadikan kamera, bisa ganti kamera depan dan belakang secara remote, motion detection, alert dsb. Namun harus login dahulu sebelum menggunakan lebih lengkap. Cctv ini bisa bekerja tanpa ip publik, jadi pakai koneksi apa saja bisa tersambung, namun kuotanya harus banyak dan speednya kencang karena harus streaming video.

Beberapa tahun lalu saya juga pernah menulis mengenai Memantau Rumah/Kantor dengan Skype.

Semoga Bermanfaat

6 Comments

  1. nandranaim
  2. darmawan

Leave a Reply