Connect with us

Info

Agar Kapal Otok-Otok Berlayar Lebih Lama

Published

on

Salah satu yang khas di perayaan pasar malam sekaten Yogyakarta adalah kapal otok-otok. Kapal uap ini terbuat dari kaleng/seng dan mengeluarkan bunyi berisik otok…otok..otok sehingga dikenal dengan nama otok-otok 😀 Apabila membeli kapal ini maka akan mendapat perlengkapan berupa corong air dan alat untuk menyalakan api yang terbuat dari kapas dan minyak klentik (minyak kelapa).

Kapal Otok2 1

Biasanya api yang dihasilkan dari kapas dan minyak tidak membuat kapal berlayar cukup lama. Agar bisa berlayar lebih lama maka Anda bisa menggantinya dengan lilin. Persiapkan lilin yang tidak terlalu besar dan potong kurang lebih 2-3 cm, pastikan bisa masuk ke dalam ruang kemudi kapal. Kemudian tempelkan lilin di tempat kapas tadi, jangan lupa kapasnya dihilangkan terlebih dahulu.

Kapal Otok2 2

Isi lubang knalpot kapal dengan air sampai penuh. Kalau sudah siap, nyalakan lilin dan masukkan dalam kapal otok-otok.

Kapal Otok2 3

Setelah panas maka kapal akan berlayar berputar-putar dalam ember.

Advertisement

Kapal Otok2 4

Kalau memakai api dari kapas bawaan hanya bertahan beberapa menit. Dengan menggunakan lilin bisa bertahan 15 menitan bahkan lebih. Sampai lilinnya padam dan kapal berlabuh ke dermaga ember 😀

Semoga Bermanfaat

Info

Ide Usaha Yang Laris Saat Ramadhan

Published

on

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa.  Selain peningkatan keimanan, Ramadhan juga membawa berkah bagi para pelaku usaha.  Kebiasaan dan tradisi masyarakat selama Ramadhan membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan.  Nah, kalau kamu tertarik meraup berkah di bulan suci ini, simak berbagai ide usaha yang laku saat Ramadhan berikut: (lebih…)

Continue Reading

Info

Menjelajahi Dunia Kurma: Beragam Jenis dan Kelezatannya

Published

on

Kurma, buah manis nan kaya manfaat, merupakan makanan istimewa yang tak hanya dinikmati saat bulan Ramadhan, tetapi juga digemari sepanjang tahun. Buah ini hadir dalam berbagai jenis, masing-masing dengan ciri khas rasa, tekstur, dan manfaatnya. Mari kita jelajahi beberapa jenis kurma populer. (lebih…)

Continue Reading

Info

Perbedaan Telur Bebek dan Telur Ayam

Published

on

Telur bebek dan telur ayam merupakan bahan makanan populer yang kaya protein dan nutrisi. Meski sekilas tampak serupa, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam ukuran, rasa, tekstur, kandungan gizi, dan manfaat kesehatan. Berikut ini perbedaan antara telur bebek dan telur ayam. (lebih…)

Continue Reading