Connect with us

Video

Mengecilkan Video dengan Cyko

Published

on

Saat ingin mengirim sebuah video sering terkendala koneksi internet yang kurang bagus. Oleh karena itu ukuran video harus sekecil mungkin tanpa harus mengurangi kualitasnya. Salah satu cara untuk mengecilkan video dengan sedikit mungkin mengurangi kualitas adalah dengan menggunakan software bernama Cyko.

  • Untuk mengecilkan sebuah video, Cyko membutuhkan aplikasi lain yang bernama Handbrake. Biar gampang silakan langsung download Cyko+Handbrake disini: Download – 10MB (MediaFire)
  • Setelah selesai didownload silakan ekstrak zip tersebut ke tempat bebas. Cyko adalah aplikasi portabel sehingga tidak perlu diinstall.  Setelah itu jalankan Cyko.

cyko1

  • Tampilan Cyko seperti ini. Untuk menentukan tempat menyimpan file klik “Output Location”. Defaultnya adalah tempat dimana folder Cyko berada. Untuk memasukkan video yang akan dikecilkan silakan klik “Add Source File”. Kemudian pilih file yang dikehendaki.

cyko2

  • Setelah file video selesai dipilih maka akan muncul list nya di bagian atas.

cyko3

  • Silakan pindah ke tab “Option”. Kemudian isi seperti berikut:

cyko4

Target Quality: 26

Height: Sesuaikan dengan tinggi video asli atau lebih rendah. Tidak bisa diset lebih tinggi dari tinggi video asli. Misalnya saya isi dengan 500.

Audio Bitrate: Isi 48

Advertisement

Preset: Very Slow

Tunes: Apabila video bergerak pilih “Film”. Jika animasi kartun maka bisa pilih “Animation”.

Profiles: High

  • Setelah selesai klik “Put Parameters To Outputs”. Kemudian klik “OK “.

cyko5

  • Video siap untuk dikecilkan. Silakan klik “Encode” maka  proses encoding akan dimulai. Prosesnya dapat dilihat di tampilan command prompt yang muncul.

cyko6

  • Setelah selesai akan muncul notifikasi.

cyko7

Hasil encoding akan ada di folder Cyko atau folder dimana tadi pertama kali sudah diset. Hasil percobaan dengan setting diatas:

Advertisement
  • Video lagu Indonesia raya berupa animasi kibaran bendera file asli ukuran 140 MB dapat dikecilkan menjadi 8MB.
  • Video Katy Perry Roar ukuran asli 130MB dapat dikecilkan menjadi 37MB.

Hasil ukuran file video bisa berbeda-beda, tergantung video apa yang diencoding serta setingan yang digunakan.  Untuk kualitas gambar memang berkurang dari aslinya, namun tidak begitu jauh berkurangnya.

Semoga Bermanfaat

Internet

Agar Sources Browser di OBS Bisa Diklik

Published

on

Salah satu “Sources” yang ada di OBS adalah “Browser” dimana pengguna bisa menampilkan halaman web ke dalam OBS, misalnya saja menampilkan video Youtube, website dan lain sebagainya. Namun setelah alamat web dimasukkan dan tampilan muncul di OBS maka tampilan web tersebut tidak dapat diklik. Misalnya saja membuka video Youtube maka kursor tidak bisa dipakai untuk membuat video Youtube tersebut full screen. Berikut ini cara cepat agar sources browser di OBS bisa diklik. (lebih…)

Continue Reading

Video

Agar Suara OBS Terdengar di Speaker

Published

on

OBS (Open Broadcaster Software) adalah aplikasi open-source dan gratis yang digunakan untuk merekam dan melakukan streaming video atau audio secara langsung. OBS memungkinkan pengguna untuk merekam layar komputer, kamera web, serta mengintegrasikan sumber audio dan video lainnya ke dalam satu tampilan. Aplikasi ini sangat berguna bagi para content creator, gamer, atau siapa saja yang ingin berbagi informasi atau konten secara online. Berikut ini ada sedikit tips mengenai cara agar suara OBS terdengar di speaker. (lebih…)

Continue Reading

Video

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Published

on

Kamera ponsel telah menjadi fitur standar pada hampir semua ponsel modern saat ini. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa kamera ponsel juga dapat digunakan sebagai kamera di OBS Studio. Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan ini seperti DroidCam, Iriun, Ivcam, dan lainnya. Namun, ada satu opsi yang lebih praktis yaitu menggunakan vdo.ninja. Vdo.ninja adalah website yang memungkinkan kamu untuk memasukkan kamera ponselmu ke dalam OBS dengan mudah dan efisien. Caranya melalui browser dengan menggunakan sistem Peer-to-Peer. Berikut cara cepat menampilkan kamera ponsel ke OBS.

(lebih…)

Continue Reading