Cara Merekam Suara dengan Audacity


Ade beragam software yang bisa digunakan untuk merekam suara dan salah satunya yang gratis adalah Audacity. Dengan software ini Anda bisa merekam suara narasi, petikan gitar dan sebagainya. Cara penggunaannya juga tidak begitu susah. Berikut ini cara merekam suara dengan Audacity.

Cara Merekam Suara dengan Audacity

audacity1


  • Silakan download Audacity di sini – Download. Pilih yang versi exe saja agar lebih mudah.
  • Agar file bisa disimpan menjadi mp3 silakan download Lame Mp3 EncoderDownload (scroll kebawah ada Lame_for_Windows.exe )
  • Silakan install Audacity dan juga Lame Mp3 Encorder.
  • Langkah pertama (lihat gambar diatas) adalah mensetting input Audacity. Jika ingin merekam dari microphone: Silakan tancapkan microphone di input microphone di pc/laptop Anda. Kemudian jalankan Audacity. Pilih MME atau Windows Direct Sound. Kemudian disamping kanan icon Mic silakan pilih Microphone. Jika ingin merekam suara dari speaker semisal ingin merekam suara dari Youtube dsb silakan pilih “Windows Wasapi”. Untuk merekam suara speaker selengkapnya ada disini – Rekam Suara Speaker dengan Audacity.
  • Setelah siap silakan klik tombol Record. Jika Selesai klik tombol Stop.
  • Untuk menyimpan:  File – Eksport – Pilih nama dan ektensinya semisal pilih sebagai wav atau mp3.

Agar kualitas suara bagus, gunakan juga microphone yang berkualitas. Atau bisa juga memakai headset yang ada mirophonennya. Biasanya kalau headset yang bermerek dan agak mahal maka kualitas audio yang dihasilkan lumayan bagus.

Selain itu Audacity juga bisa merekam audio dalam beberapa track, semisal rekaman pertama merekam gitar, kemudian baru merekam penyanyi. Caranya tinggal tekan tombol record kembali maka akan merekam di track baru dibawahnya.

Semoga Bermanfaat


56 Comments

  1. Kak, mo nanya nih…
    aku udah download audacity yekan..
    tapi kok ga berfungsi di laptop asus ya?
    kenapa gitu ya gan? pdhl auda’nya versi yang baru… mohon bantuannya gan…

    • Micnya pakai apa ya, coba utak atik bagian input mic ya, di volume kanan bawah di klik kanan, pilih recording device, nanti pilih mic yg digunakan

  2. Informasi yang sangat berguna.
    Apabila ingin mendapatkan informasi tentang buku-buku bisa kunjungi http://library.gunadarma.ac.id/
    Terima kasih.

  3. gan mau tanya dong saya kan mau buat guitar cover pake audacity, kok suara gitarnya ga langsung mau keluar ya? suara dari lagunya aja yg mau keluar, saya pake soundcard usb

  4. Recordnya bisa pakai headset juga mas?

  5. Mas gimana caranya lagi record dari gitar langsung colok ke komputer tapi soundnya keluar di speaker.
    Makasih

    • caranya hampir sama saja dengan diatas, soundnya nanti akan keluar di speaker, tp kalau keluar di speaker maka bisa menggema krn suara speaker masuk ke mic.

  6. mas saya mau rekam suara tapi tidak bisa. saya sudah download instrumen musik dan sudah mengubahnya ke bentuk mp3. saya ingin merekam suara saya dengan instrumen tsbt di aplikasi audacity, trus yang terekam hanya instrumennya doank, suaranya ga ada.

  7. Cara kembaliin rekaman awal gimana ? Gak tau kepencet apa kok rekaman 9menitnya tinggal 1menit (rekaman yg akhir aja) bantu kembalikan gimana solusinya 😧

  8. Gan mau tanya,, saya kan mau record gitar,, pas Di track yang ke dua track yg ke satu ikut terekam juga,, bahkan kalau saya putar mp3 ikut kerekam,,, apa ada yg salah dengan pengaturan audio di komputernya ya gan,, mohon penjelasanya

  9. Halo, bisakah dengan audacity saya merekam suara audio internal dari hp, sekaligus dengan suara microphone? jdi dlm 1 rekaman terdengar keduanya.

Leave a Reply