Membuat Related Post di WordPress dengan Jetpack


Salah satu plugin yang cukup lengkap fiturnya adalah Jetpack. Kali ini Jetpack merilis fitur baru yaitu Related Post atau Postingan Berkait. Di bawah postingan akan ada list beberapa postingan yang isinya hampir sama.

Cara untuk mengaktifkannya cukup mudah:

Jika belum punya Jetpack silakan install dahulu melalui Plugin – Add New. Kemudian cari: Jetpack. Plugin ini membutuhkan akun WordPress.com untuk mengaktifkannya. Jika blog Anda sudah pernah terinstall Jetpack silakan update ke versi terbaru yaitu 2.9  (Saat tulisan ini dibuat).

Kemudian masuk ke menu Jetpack, Klik Activate di Related Post. Maka Related Post akan muncul. Namun postingan minimal harus ada 10 buah. Tampilannya seperti ini.

related


Jika ingin menampilkan thumbnail silakan masuk ke Setting – Reading – Centang “Use a large and visually striking layout” di bagian Related Post. Maka akan ada thumbnail/gambar preview.

related3

Related Post ini berdasar data isi postingan, tag serta kategori. Karena menggunakan server WordPress.com seharusnya tidak membikin berat server hosting seperti plugin related post lain. Selain itu di Jetpack versi 2.9 juga ditambahkan fitur untuk login menggunakan akun WordPress.com.

Semoga Bermanfaat

 


22 COMMENTS

  1. Tetap saja nggak bisa alias missed schedule. Saya coba ganti area Jakarta juga sami mawon. Mungkin theme nya harus ganti Twenty ……
    Coba dengan plugin juga gagal.

    • mungkin di themesnya mas, atau bisa juga ada eror di wpnya. kalau di blog saya yg publish otomatis ke fb dan twitter yang tidak jalan, padahal sebelumnya lancar2 saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here