Connect with us

Blog

Belajar WordPress – Install WordPress Ke Hosting dengan Softaculous

Published

on

Banyak yang mengeluh bahwa menggunakan WordPress lebih rumit daripada Blogspot. Namun pada dasarnya sebenarnya tidak terlalu susah. Mungkin karena menunya banyak sehingga membuat bingung. Postingan kali ini akan membahas WordPress hosting sendiri dari awal, yaitu instalasinya dan kemudian cara mempergunakannya.

Untuk membuat blog WordPress hosting sendiri tentu saja yang dibutuhkan adalah domain + hosting. Domain adalah alamatnya sedangkan hosting adalah tempat menyimpan data. Biasanya penyedia hosting menjualnya secara paketan atau bisa juga beli sendiri-sendiri. Setelah Anda membeli domain dan hosting maka akan ada email yang berisi data hosting. Yang paling penting adalah username dan password cpanel. Cpanel adalah sistem untuk mengelola hosting Anda.

Langkah Untuk Install WordPress Ke Hosting:

Silakan masuk ke cpanel hosting Anda, biasanya adalah alamat-domain.com/cpanel. Tampilannya akan seperti ini.

Advertisement

install wp 1

Setelah masuk ke cpanel kemudian carilah icon Softaculous yang ada di bagian Software. Kebanyakan Cpanel sekarang sudah ada Softaculous. Klik Icon Softaculous.

install wp 2

Kemudian akan masuk ke halaman Softaculous.

install wp 3

Arahkan kursor ke WordPress kemudian klik Install. Akan masuk ke halaman instalasi.

install wp 4

Kemudian isi sebagai berikut:

Advertisement

Software Setup

  • Choose Protocol: Pilih http
  • Choose Domain: Pilih nama domain Anda
  • In Directory: Dikosongi
  • Database Name: Biarkan sesuai aslinya

Database Settings

  • Table Prefix: Rubah wp_ menjadi nama lain semisal blog_ atau namaku_

Site Settings

  • Site Name: Isi dengan Nama Blog Anda
  • Site Description: Isi dengan deskripsi Blog Anda
  • Enable Multisite (WPMU): Biarkan saja, tidak usah dicentang.

Admin Account

  • Admin Username: Isi dengan username yang Anda pilih
  • Admin Password: Masukkan password
  • Admin Email: Masukkan alamat email

Choose Language

  • Select Language: Biarkan saja sesuai aslinya

Select Plugins

  • Limit Login Attempts: Centang jika ada pilihan ini.

Kemudian klik Install. Maka WordPress akan diinstall ke hosting Anda. Setelkah selesai untuk masuk ke admin WordPress caranya adalah dengan:

  • alamat-domain.com/wp-admin

Kemudian masukkan username dan password yang tadi telah Anda buat. Maka akan masuk ke Dashboard WordPress. Untuk pembahasan mengenai beragam menu di Dashboard WordPress akan kita bahas di Postingan selanjutnya.

Semoga Bermanfaat

Blog

30 Ucapan Selamat Berpuasa Ramadhan 1445 H

Published

on

Bulan suci Ramadhan kembali datang, saat di mana umat Muslim di seluruh dunia bersiap-siap menyambut kedatangan waktu yang penuh berkah dan kesempatan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam momen yang penuh makna ini, mari kita sambut dengan hati yang tulus dan penuh kebahagiaan, serta berharap agar bulan suci ini membawa keberkahan bagi kita semua. Berikut ini beragam ucapan selamat berpuasa Ramadhan 1445 H. (lebih…)

Continue Reading

Blog

Mengapa Memilih WordPress Dibandingkan dengan Blogger

Published

on

Ketika memutuskan untuk memulai sebuah blog, salah satu pertimbangan utama adalah platform yang akan digunakan. Dua platform yang sangat populer adalah WordPress dan Blogger/Blogspot. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, namun dalam artikel ini kita akan membahas mengapa banyak orang memilih WordPress hosting sendiri dibandingkan dengan Blogger. (lebih…)

Continue Reading

Blog

Cara Menjadikan Ashley fx402i Sebagai USB Soundcard

Published

on

Mixer audio adalah salah satu alat yang sangat penting bagi para pecinta audio, terutama mereka yang bekerja di bidang musik atau broadcasting. Mixer audio digunakan untuk mengatur, memadukan, dan memproses beberapa sinyal audio dari beberapa sumber yang berbeda seperti microphone, instrumen musik, perangkat elektronik, atau bahkan komputer. Fungsi utama dari mixer audio adalah untuk menghasilkan suara yang lebih baik dan profesional.

(lebih…)

Continue Reading