Sejak beberapa minggu lalu netbook saya eror, sehingga tidak bisa buat online dan update blog. Erornya sebenarnya sederhana yaitu karena kena virus dari flashdisk. Data jadi acak-acakan dan windows susah masuk. Antivirus cuma cleaning terus menerus tanpa henti. Daripada pusing memperbaiki satu persatu, akhirnya saya format ulang semuanya. Lebih cepat, bersih, sekaligus hilang semua data  😀

netbook lubuntu

Setelah itu saya mencari alternatif sistem operasi lain selain Windows. Bawaan netbook adalah Windows Xp dan pengen yang bisa lebih kenceng lagi dari Xp. Akhirnya pilihan jatuh pada linux. Awalnya install ubuntu, tapi memang terasa berat. Kemudian baca-baca di google tentang linux yang ringan dan menemukan beberapa distro yang sesuai keinginan.

Percobaan pertama adalah menginstall Puppy Linux. Ukuran instalernya juga kecil, hanya 165 MB. Puppy Linux bisa berjalan lancar dan ringan, tapi masih belum sreg sehingga cari yang lain lagi.

Linux ringan lainnya adalah Lubuntu, ini adalah turunan dari ubuntu tapi sudah dimodif jadi lebih ringan. Namun instalernya lebih gede, yaitu sekitar 600an MB. Saya sendiri tidak begitu paham linux, jadi asal klik-klik saja installnya 😀 Sudah banyak aplikasi bawaan yang terinstall seperti Firefox, Abiword, Pidgin dll. Karena cuma buat internetan aplikasi bawaan sudah lumayan memadai. Buat akses wifi dan modem juga tidak susah. Yang belum ada hanya flash player, jadi harus install sendiri.

Sejak power dipencet sampai masuk desktop kurang lebih 20an detik. Ram yang terpakai saat masuk adalah sekitar 150an MB, kalau buat browsing dan chat ram terpakai sekitaran 500MB. Jadi ram 1Gb dari netbook masih lumayan luang.  Memang lebih entengan Lubuntu daripada xp yang sebelumnya saya pakai.

Akhirnya netbook lancar kembali dengan OS Lubuntu, walau masih harus belajar buat memakainya. Saya bukan orang sekolahan IT jadi bisanya cuma nyoba-nyoba saja, kadang berhasil kadang gagal. Kali ini lumayan berhasil 😀

Semoga Bermanfaat

10 KOMENTAR

  1. Salam.

    Mas, saya pengen juga coba linux, Kalau Puppy Linux kenapa belum sreg mas? apa tampilannya kurang bagus? Kalau install2 software gampang ndak? seperti browser atau media player gitu?

    Saya juga hanya untuk inet saja, terutama ngeblog, apakah perlu penyesuaian pindah dari windows ke linux? sebelumnya saya pernah pakai win 95, 98, 2000, xp dan 7. Apakah fungsi WiFi, fungsi ctrl A, ctrl C, ctrl V dan klik kanannya windows bisa jalan di linux? terima kasih.

  2. Mas Dar, tanya tapi ubuntu 12.04
    Aku dah install di usb 8GB dgn partisi 7GB primary ext4
    Dan sisanya linux swap, saya udah download blueman….deb tapi saya dobelklik gak nginstall, malah masuk ubuntu software center,
    Trus saya coba klik kanan cuma ada Archieve mounter bukan app installer package, gimana cara nginstallnya mas Dar, kompiku blm konek inet sama sekali
    Mo nyari terminal/shell aja blm nemu2

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini