Mencoba Install Windows 8 di Netbook


Windows 8 merupakan sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft. Setelah sukses menginstall di PC saya mencoba untuk menginstall Windows 8 di netbook Acer Aspire One 531h. Netbook ini keluaran lama, sekitar 3 tahun lalu belinya. Ramnya 1 giga dengan prosesor Intel atom 1,6ghz (kalau tidak salah 😀 ).

Instalasinnya berjalan lancar tanpa hambatan, walau prosesnya agak lama. Entah karena ramnya hanya 1 giga atau dvd portabel yang dipakai rada eror 😀 . Ini dia tampilannya setelah masuk.

windows8

Semuanya berjalan lancar di desktop. Namun saat ingin membuka aplikasi di metro ternyata tidak bisa berjalan. Hal ini disebabkan karena resolusi maksimal layar netbook tidak memenuhi batas minimal yang dibutuhkan. Netbook yang saya pakai resolusi layarnya 1024×600. Sedangkan minimalnya adalah 1024×768.



Setelah cari kesana kemari tenyata hanya bisa diakali dengan memaksa resolusi layar menjadi naik. Caranya cukup simpel yaitu dengan edit registry Windows. Buka regedit kemudian cari Display1_DownScalingSupported dan ubah value menjadi 1. Tapi sebelumnya instal driver vga intel GMA 950. Restart Netboook, nanti di pengaturan layar ada resolusi 1024×768.

Windows 8 di netbook

Akhirnya aplikasi di metro bisa jalan. Namun ada kelemahannya, yaitu jadi gepeng dan ngeblur 😀

Jadi netbook dengan resolusi layar maksimal 1024×600 memang tidak bisa untuk menjalankan aplikasi metro di Windows 8. Hanya desktop saja yang bisa berjalan. Meskipun bisa dipaksakan namun tampilannya kurang sip. Jika bawaah resolusi layar netbook Anda bisa lebih dari 1024×768. maka bisa menjalankan metro Windows 8 dengan lancar dan bagus.

Semoga Bermanfaat

74 Comments

  1. ilham
    • darmawan
  2. ida
    • darmawan
  3. sandy
    • darmawan
  4. crishtoperhaikal

Leave a Reply

*