Ternyata Awet Juga


Setahun yang lalu saya menulis mengenai Seberapa Tangguh Ponsel Lokal. Iseng-iseng membeli ponsel lokal dan mencobanya apakah cepet rusak. Ponsel yang saya beli adalah Nexian G821. Sebenarnya asal comot saja ponsel ini, tidak ada bayangan tentang produk dan merknya.

nexian Koprol

Sehari-hari ponsel dipergunakan untuk sms maupun internetan. Agak jarang buat telepon. Sampai sekarang untuk smsan baterai tahan sekitar 3 hari dan kalau buat internetan terus menerus bisa tahan 1 hari.

Javanya juga mampu untuk menjalankan aplikasi multime dengan lancar dan tidak terasa berat. Multime adalah jar yang berisi 2 aplikasi, sehingga bisa seolah-olah multitasking. Tentang tips multitasking di ponsel lokal ada disini.



Kelemahan yang ditemui dalam ponsel lokal ini adalah template text terbatas karakternya serta tidak bisa kopi paste. Rada susah kalau buat jawab sms dengan template.

Jadi apakah semua ponsel lokal bagus? Tidak juga ya, bahkan merk dan tipe yang sama kadang bisa bermasalah juga. Cuma beruntung saja ini dapat ponsel lokal yang lumayan 😀

Beikut ini ada sedikit tips biar ponsel awet:

  • Jangan jatuh, apalagi jatuh dari pesawat terbang.
  • Jangan sampai kelindas, terutama kelindas roda kereta api.
  • Kalau di wc sebaiknya tidak usah sambil ponselan. Salah-salah bisa selip dan berenang di bak mandi. Beruntunglah kalau ponselnya sudah kursus renang, pasti bisa tahan air.
  • Gunakan sarung atau silikon biar ponsel terlindung dari debu atau kotoran. Kalau mau bener-bener aman bisa pakai sarung cap gadjah duduk 😀
  • Mengisi baterai sebaiknya teratur. Jika sudah mau habis baru dicharge.
  • Hindari melempar ponsel ke kasur. Karena lama-lama bisa bikin rusak juga.

Rawatlah ponsel seolah-olah kekasih tercinta. Dielus-elus, diperlakukan dengan halus. Maka pasti akan awet 😀

Semoga Bermanfaat

29 Comments

  1. arif
  2. zept
  3. brad pot
  4. ayep2pac

Leave a Reply