Ambil Screenshot di Browser Komputer


Jika ingin mengambil gambar halaman web di browser maka Anda membutuhkan plugin untuk memudahkan dan mempercepat kinerja. Berikut ini ada beberapa plugin yang biasa saya pergunakan untuk mengambil screenshot di browser komputer.

shooter

Firefox Memakai Shooter

Firefox merupakan browser utama yang sering saya pergunakan. Untuk screenshot saya mempergunakan Shooter. Saat memencet icon Shooter, tidak hanya yang tampil di layar saja yang akan diambil, melainkan seluruh halaman web. Selain itu bisa memilih region tertentu saja. File bisa disave dengan format jpeg dan png.



Chrome Memakai Screen Capture (By Google)

Screen Capture (By Google) merupakan plugin resmi buatan Google untuk mengambil gambar. Bisa capture seluruh halaman, halaman yang terlihat saja dan region tertentu. Setelah capture, file bisa diedit dengan menambah garis, blur dan sebagainya. Misalnya ada informasi yang tidak ingin tertampil maka bisa diblurkan. Hasil bisa disave dalam format jpg dan dishare ke Picassa, Facebook dan Sina Microblog.

Opera Browser Memakai Lightshot

Instalasi Lightshot agak ribet karena harus download lagi file pendukung lain. Sedangkan pilihan screenshotnya hanya region tertentu saja. Hasil bisa diprint, save danΒ  share. Kelebihannya bisa screenshot video dan hasil screenshot bisa langsung diunggah ke web penyimpan gambar prntscr.com.

Sebenarnya banyak plugin lain yang bisa dipergunakan, jadi sesuai selera Anda akan menggunakan yang mana.

Semoga Bermanfaat

12 Comments

  1. boy

Leave a Reply

*