Saat mengedit video biasanya akan ada opening/pembuka, isi dan terakhir penutup. Opening dapat berupa judul dan potongan2 adegan dari keseluruhan acara. Kalau bahasa teknisnya tidak begitu tahu juga ya, karena belajarnya cuma otodidak 😀 Jika Anda mempunyai usaha transfer video atau video shoting tentunya harus banyak mempunyai tema opening. Biar tidak monoton dan sama.

Opening bisa dibuat dengan menggunakan software seperti after effect, 3dmax dan sejenisnya. Namun jika pengen yang simpel dan cepat maka bisa memakai efek-efek bawaan video editing. Tinggal dicampur2. Kali ini saya mencoba membuat opening video dengan Corel Video Studio(Kalau dulu namanya Ulead). Efek yang digunakan adalah auto sketch, jadi video akan mirip sketsa yang digambar.

sketch


Cara penggunaaanya cukup mudah silakan masukkan video yang ingin diberi efek ke timeline kemudian klik fx dan tarik auto sketch (lingkaran putih di gambar) ke video. Jika ingin mengubah2 setingannya klik video di timeline kemudian klik Option di sebelah kanan (lingkaran hijau).

Animasi sketch hanya menggunakan frame paling depan, dengan durasi sesuai panjang video tersebut. Jadi pendekkan videonya, kemudian dibelakang video tersebut masukkan lagi file video tersebut. Sehingga setelah sketsa terbentuk akan beralih ke video aslinya. Rada bingung ya 😀 Berikut ini sampel videonya. Video ini bukan saya yang shooting, saya hanya edit saja alias tukang transfer 😀

Jadi untuk home video bisa memakai opening simpel seperti diatas, kalau ingin yang lebih profesional bisa memakai after effect dan sejenisnya.

Semoga Bermanfaat


36 KOMENTAR

    • softwarenya pakai apa ya mas, kalau yang instan bisa memakai pinacle, efek2nya holywod fx ada yng berupa frame. di ulead juga ada efek album foto.

    • blogspot ya, bisa ganti themes sendiri. download themesnya misalnya di btemplates.com kemudian isi zip downloatan dibuka. masuk blogspot bagian design – edit html. kemudian upload file yg didalam zip td.

    • ulead sekarang sudah ganti nama jadi corel video, jadi yang sudah pakai nama corel sepertinya bisa.

  1. mas, Darmawan tolong aku nurdin orang Tulungagung. pengin bisa seperti sampean. terutama model tulisan dan animasinya gambar kembang. apa bisa kami minta programnya. terimakasih semoga tuhan membalasnya.

  2. Mas Dar, saat ini saya pakai pinnacle 12.
    Bisa nggak bikin opening kayak punya mas,trs bagaimana caranya, masalahnya auto scetchnya kayaknya gak ada atau mungkin saya yg blm tahu, mohon Pencerahannya mas…
    Matur suwun.

    • kalau pinacle kayaknya blm ada pluginnya mas, atau sketnya bisa pakai ulead, ntar hasilnya dijadian avi dan dimasukkan ke pinacle buat digabungkan dengan yang lain

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini