Bikin Opening Video dengan Auto Sketch


Saat mengedit video biasanya akan ada opening/pembuka, isi dan terakhir penutup. Opening dapat berupa judul dan potongan2 adegan dari keseluruhan acara. Kalau bahasa teknisnya tidak begitu tahu juga ya, karena belajarnya cuma otodidak 😀 Jika Anda mempunyai usaha transfer video atau video shoting tentunya harus banyak mempunyai tema opening. Biar tidak monoton dan sama.

Opening bisa dibuat dengan menggunakan software seperti after effect, 3dmax dan sejenisnya. Namun jika pengen yang simpel dan cepat maka bisa memakai efek-efek bawaan video editing. Tinggal dicampur2. Kali ini saya mencoba membuat opening video dengan Corel Video Studio(Kalau dulu namanya Ulead). Efek yang digunakan adalah auto sketch, jadi video akan mirip sketsa yang digambar.

sketch



Cara penggunaaanya cukup mudah silakan masukkan video yang ingin diberi efek ke timeline kemudian klik fx dan tarik auto sketch (lingkaran putih di gambar) ke video. Jika ingin mengubah2 setingannya klik video di timeline kemudian klik Option di sebelah kanan (lingkaran hijau).

Animasi sketch hanya menggunakan frame paling depan, dengan durasi sesuai panjang video tersebut. Jadi pendekkan videonya, kemudian dibelakang video tersebut masukkan lagi file video tersebut. Sehingga setelah sketsa terbentuk akan beralih ke video aslinya. Rada bingung ya 😀 Berikut ini sampel videonya. Video ini bukan saya yang shooting, saya hanya edit saja alias tukang transfer 😀

Jadi untuk home video bisa memakai opening simpel seperti diatas, kalau ingin yang lebih profesional bisa memakai after effect dan sejenisnya.

Semoga Bermanfaat

36 Comments

  1. KARYO
  2. Budi
  3. dhiana

Leave a Reply

*