Membuat pemancar wifi sebenarnya tidak terlalu sulit, bisa dengan alat yang kompleks maupun dengan alat2 sederhana seperti laptop ataupun memakai ponsel. Kali ini saya mencoba pemancar wifi menggunakan router 3G/evdo. Alat ini bisa membuat pemancar wifi secara instan, tidak perlu komputer. Jadi hanya perlu dicolok modem usb saja.

Alatnya seperti ini. Merk dan harganya ada beragam. Kemarin beli yang murah, jadi antenenya cuma 1 buah 😀  Ada juga yang 2 antena, jarak pancarnya bisa lebih jauh namun lebih mahal dikit. Kalau yang ini jaraknya sekitar 10 meteran saja. Harganya sekitar 300rban keatas.

tplinkmr3220

Cara kerjanya sederhana, tinggal tancapkan usb modem ke router tersebut. Maka otomatis akan mendeteksi modem, melakukan koneksi internet dan memancarkannya. Tidak semua modem bisa tapi beberapa merk yang banyak di pasaran sudah dikenali. Bisa menggunakan modem gsm maupun evdo. Saat mencoba menggunakan modem Smart zte ac2627.

tplinkmr3220 2

Untuk mensetting router tersebut seperti nama wifi, password dll bisa menggunakan komputer via koneksi wifi ataupun kabel lan. Jadi mensetting dengan komputer hanya awal penggunaan saja. Setelah itu bisa langsung tancap modem usb saja tanpa perlu setting lagi.

Alat seperti ini cocok dipakai buat dirumah, kos-kosan, sekolah, warung, angkringan, seminar ataupun acara2 yang butuh wifi instan tanpa perlu komputer. Namun koneksi internet modemnya harus unlimited dan kencang. Kalau tidak kencang dan dipakai rame2 maka hasilnya juga tidak sip juga.

Semoga Bermanfaat

60 KOMENTAR

  1. Mas Darmawan,
    Sy mohon informasinya, kalau pakai TP-Link MR3420, bisa compatible dgn Modem USB BandLuxe C120 ga ya, krn didaftarnya kan ga ada disebut rekomendasi dgn modem merk/type tsb. Tks sebelumnya ya.

  2. mas , saya mau tanya alat tersebut kan di jelaskan sharing wifi dengan koneksi internet modem, bsa ga kalo pake kabel lan? soalnya mau bikin wifi pribadi di rumah ni,mhon balasan cepat

  3. mas Darmawan saya ingin sedikit bertanya nih tentang artikel ini karena saya kurang Paham dan masih awam dalam hal jaringan.

    Pertanyaannya: Apa menggunakan Ini hanya tinggal mencolokan modem saja untuk WiFi? atau perlu memasukan Kabel Internet dahulu ke Tplink 3220?

    Tolong dijawab ya mas Darmawan 🙂

    • Tinggal colokin modem aja mas nanti bisa jd hotspot wifi. Kl awal pemakaian memang harus dicolok kabel lan ke pc buat setting nama hotspot dsb. Kabel lan sdh termasuk dalam kotak penjualan

  4. ms ane jga msih blom tau tentang jaringan internet, ane mau tanya…
    1. apakah modemnya hrus di peketkan dlu ?
    2. biasanya klo modem yg ditancapkan ke komputer berisi misal 1G, trus klo download padahal 1,5 G jdnya gk bsa download. apakah klo sdh pake tp link sperti diatas kasusnya seperti itu ?
    3. trus klo sinyal modemnya aja gk kuat, apakah berpengaruh ?

    • Modemnya bisa dipaketin bisa jg tdk, namun sebaiknya dipaketin. Sistemnya sama seperti di pc, kuotanya sama. Kecuali jika wifi dipakai beberapa orang sekaligus. Kl sinyal tdk kuat pengaruhnya jd lambat atau dc2.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini