Mengatasi Kaset Camcorder yang Bermasalah


Ada kalanya camcorder (kamera video/handycam) mengalami gangguan dalam pengoperasiannya. Terutama bagi camcorder yang menggunakan kaset semisal minidv. Gangguan atau eror yang seringkali muncul adalah gambar menjadi garis2 (seperti vcd rusak), tidak bisa merekam serta tidak bisa play. Jika ini terjadi bagaimanakah cara mengatasinya. Berikut ini sedikit tipsnya.

Mini DV Tape



  • Yang paling gampang adalah dengan mempergunakan kaset pembersih. Tinggal masukkan kaset tersebut kemudian diplay selama beberapa detik. Cleaner ini biasanya disertakan saat pembelian atau bisa dibeli di toko2 fotografi. Harganya lebih mahal dibanding kaset minidvnya.
  • Jika  garis2nya tetap tidak bisa hilang kemungkinan kaset yang Anda pergunakan yang bermasalah, gantilah dengan kaset baru. Jika yang Anda pergunakan sudah kaset baru, gantilah dengan kaset baru yang lain. Karena tidak semua kaset baru kualitasnya bagus. Ada yang bermasalah juga.
  • Sebaiknya kaset dipergunakan 1-2x saja, kalau sering2 ditimpali maka hasilnya akan tidak bagus juga. Terutama audionya, kadang akan ada suara cetek cetek (ini bahasa Indonesianya apa ya hehe)
  • Coba di rewind ke depan atau kebelakang, kaset yang tidak terbaca kadang kembali dapat ditampilkan/play.
  • Kalau di MD 9000 kadangkala kaset menjadi tidak terdetek. Pada saat rekam counter jamnya tidak jalan dan diplay hanya blank. Coba keluarkan kemudian masukkan dengan pelan2 sambil ditekan. Kemungkinan tidak pas saat masuk.
  • Jika tetap tidak bisa detek dan play coba tekan tombol reset. Di beberapa kamera ada tombol ini.
  • Usahakan camcoder jangan sering2 buat play, jadi langsung ditransfer saja ke komputer.
  • Kalau tetep membandel kemungkinan besar yang eror mekanik atau headnya, kalau ini harus dibawa ke service centernya 😀

Tips diatas untuk kamera yang memakai kaset. Untuk yang memakai hardisk jika gambar bermasalah kemungkinan besar di hardisknya. Tapi saya belum pernah pakai secara regular sehingga belum tahu seluk beluknya.

Apabila tidak dipakai sebaiknya baterai camcoder dilepas.  Demikian juga dengan kaset/dvdnya. Simpanlah kamera ditempat ditempat yang kering dan tidak lembab. Selain itu agar aman setiap akan merekam suatu acara sebaiknya dites dulu di awal rekaman. Misalnya dengan rekam beberapa detik kemudian tekan tombol check (tidak semua kamera ada) atau direplay. Jika sudah terekam dengan baik auido videonya kemungkinan besar kebelakang akan baik2 saja hasilnya.

Semoga Bermanfaat

87 Comments

  1. Zul
  2. ahmad Muhtarom

Leave a Reply

*