Connect with us

Ponsel

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile

Published

on

Ada dua produk browser untuk ponsel yang digelontorkan oleh Opera yaitu Opera Mini dan Opera Mobile. Tampilan keduanya khususnya Opera Mini 5 Beta 2 dengan Opera Mobile 10 Beta 2 hampir sama. Dimanakah letak perbedaannya? Dan manakah yang paling bagus? Berikut ini pemaparannya diambil dari blog Opera.

OperaMini5beta_SpeedDial_270x239

Persamaannya:

  • Tampilannya hampir sama.
  • Keduanya menggunakan Opera Presto browser engine (mesin browser yang sama).

Perbedaannya:

  • Opera Presto browser engine di Opera Mini letaknya ada di server Opera, bukan didalam aplikasi Opera Mini. Cara kerjanya alamat situs yang ingin kita buka dikirimkan ke server Opera. Server membuka alamat tersebut dan diformat ulang tampilannya (transcoding) baru kemudian dikirim kembali kedalam Opera Mini.
  • Di Opera Mobile, Opera Presto browser engine berada di dalam aplikasinya. Sehingga Opera Mobile membuka langsung situs yang ingin Anda buka tanpa melalui server Opera. (Kecuali jika Anda mengaktifkan fitur turbo).

Oleh karena itu Opera Mini bisa lebih ringan, hemat dan tidak terlalu berat dibandingkan dengan Opera Mobile. Namun kadang Opera Mini tidak bisa membuka halaman yang terlalu kompleks. Selain itu Opera Mini tergantung kepada server Opera. Jika servernya ngadat maka lambat juga untuk membuka situs.

Dilain hal Opera Mobile tidak tergantung kepada server Opera dan dapat membuka halaman seperti Opera Browser di komputer. Sehingga halaman yang kompleks mampu dibuka. Sayangnya hanya bisa dipakai di ponsel tertentu (Windows Mobile dan beberapa tipe Symbian/S60). Opera Mobile  lebih berat dari Opera Mini serta tentunya lebih menyedot data.

Jadi manakah yang terbaik? Semua ada kelebihan dan kekurangan jadi bisa dipakai keduanya tergantung situasi, kondisi dan tentu saja selera Anda.

Advertisement

Semoga Bermanfaat

Ponsel

Membuat Animasi Dengan Cepat di Canva

Published

on

Canva adalah sebuah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis desain, mulai dari poster, kartu ucapan, presentasi, hingga animasi. Canva sangat populer di kalangan pengguna yang ingin membuat desain yang menarik tanpa harus mempelajari keahlian desain grafis yang rumit. Berikut ini sedikit tips mengenai membuat animasi dengan cepat di Canva. (lebih…)

Continue Reading

Ponsel

Tips Untuk Menjaga Agar Earphone Tidak Cepat Rusak

Published

on

Earphone merupakan salah satu aksesori ponsel yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mendengarkan musik atau untuk keperluan telepon. Namun, salah satu masalah yang sering terjadi adalah kabel earphone cepat rusak atau putus. Terutama earphone yang murah meriah harga 10-20rban. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan bisa membuat pengguna merasa kesal. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga agar earphone tidak cepat rusak. (lebih…)

Continue Reading

Ponsel

Cara Membuat Irama atau Beat Otomatis di Capcut

Published

on

Salah satu cara yang efektif untuk membuat sebuah video menjadi menarik adalah dengan menyesuaikan antara perpindahan gambar dengan irama musik yang digunakan. Saat kita menyelaraskan perpindahan gambar dengan irama musik, maka secara otomatis akan menghasilkan sebuah suasana yang harmonis dan mengundang perhatian pemirsa. Hal ini dapat membuat video yang dibuat menjadi lebih menggugah emosi, memikat perhatian, dan tentunya membuatnya lebih menarik untuk ditonton. Dengan cara ini, video yang dibuat akan dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam bagi para penonton dan meningkatkan nilai hiburan yang diberikan. Berikut ini cara membuat irama atau beat otomatis di CapCut. (lebih…)

Continue Reading