Mulai hari ini (2 Oktober 2009) negara tetangga mungkin tidak akan berani lagi mengklaim batik sebagai kepunyaannya. Hal ini dikarenakan UNESCO menetapkan bahwa batik Indonesia masuk kedalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia (Representative List of Intangible Cultural Heritage). Sehingga ini sebagai pengakuan internasional bahwa batik adalah milik Indonesia.

Kalau dulu batik identik dengan pakaian resepsi, baik nikahan atau acara2 lain yang berbau resmi. Namun  sekarang batik sudah lebih banyak dipergunakan dalam keseharian. Di beberapa kantor dan sekolah juga ada hari khusus untuk memakai batik.

sby-obama-bali-shirt-story

Dengan menggunakan batik tentu saja penampilan tidak akan terlihat ketinggalan jaman, karena saat ini banyak  desain batik yang semakin menarik dan uptodate. Memakai batik tetap akan terlihat modis dan cantik.

Jadi ayo memakai batik. Tidak hanya buat acara resepsi. Tapi bisa juga dipergunakan dalam berbagai macam kegiatan keseharian.

41 KOMENTAR

  1. Saya semakin bangga dengan Indonesia Jayalah Negeriku , apalagi Software untuk mendesain batik (Jbatik) juga buatan anak Indonesia bahkan tahun lalu mendapatkan pengakuan dari dunia (memenangkan kontest) dan sekarang sudah ada canting elektronik (juga buatan Indonesia), semoga kecintaan terhadap produk local makin menggembirakan termasuk pada produk-produk lain tentunya “I LOVE BATIK, BATIK IS BEAUTIFUL”

  2. semoga dengan pengukuhan Unesco ini, masyarakat semakin paham dengan batik, jangan-jangan baju yang kita pakai selama ini bukan kain “batik”, tapi kain “motif batik” atau batik printing yang parahnya lagi made in China bukan made in Indonesia, jgn sampai pengakuan ini tidak membawa manfaat ekonomi bagi bangsa ini. i love batik indonesia !!!

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini