Sebuah tips lama mengenai software yang dapat dipergunakan agar komputer bisa memainkan semua jenis file audio dan video. Ada berbagai macam format audio dan video seperti 3gp,amr, avi, wma dan sebagainya. Salah satu yang terbaru adalah mkv dimana biasanya ukurannya kecil namun kualitas gambarnya kinclong.

vlc_101_w7_1

Sebenarnya mkv bukanlah codec melainkan gabungan dari beberapa file yaitu video, audio dan subtitle. Jadi mkv bisa langsung ada subtitlenya. Berbeda  dengan format vcd yang bersubtitle, di mkv subtitle bisa dihilangkan atau bisa lebih dari satu bahasa. Lebih tepatnya seperti di dvd.

Untuk memainkannya dapat mempergunakan berbagai macam software, berikut ini dua software yang dapat dipergunakan:

VLC Media Player


VLC merupakan salah satu player yang mendukung penuh berbagai menu di mkv. Selain itu tidak berdasarkan DirectShow sehingga bisa memainkan mkv tanpa perlu menginstall beragam codec. Versi terbaru adalah VLC 1.0.1. Untuk download bisa melalui:

Software ini sempat menuai kontraversi karena dapat digunakan untuk merekam DVD yang terproteksi. Walau caranya tidak secara rip (kopi langsung) melainkan diplay kemudian direkam dengan menekan tombol record.

K-Lite Codec Pack

Jika Anda sudah menginstal tapi belum bisa untuk memainkan mkv maka sebaiknya upgrade dengan versi terbaru. Versi terbaru saat ini adalah K-lite Codec Pack 5.05. Software ini sejadinya adalah kumpulan coded dengan Media Player Classic sebagai playernya. Untuk mendownload bisa melalui:

Mkv ukurannya memang kecil dengan kualitas gambar yang cukup bagus, tapi tidak ringan untuk dimainkan. Membutuhkan memori yang cukup besar untuk mem-playnya. Kalau di komputer saya kadang-kadang gambar jadi berhenti beberapa detik di tengah-tengah film.

Semoga Bermanfaat


167 KOMENTAR

  1. ukuran kecil??
    mksudnya gmn y bro…??
    aq lht rata2 video MKV yg durasinya sktr 150 menitan justru ukuran filenya lebih besar di bandingkan video dgn format MP4.
    dan
    bneran nih bro kualitas gambarnya bgus…??
    ane mo download film yg formatnya MKV, yg MP4 gmbarnya agak pecah….

    • tergantung dari filenya jg ya, mkv hanya kontainer saja sedang codecnya ada macam2. jd ukurannya bisa besar atau kecil.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini