Connect with us

Aplikasi

Cara Memainkan Video MKV

Published

on

Sebuah tips lama mengenai software yang dapat dipergunakan agar komputer bisa memainkan semua jenis file audio dan video. Ada berbagai macam format audio dan video seperti 3gp,amr, avi, wma dan sebagainya. Salah satu yang terbaru adalah mkv dimana biasanya ukurannya kecil namun kualitas gambarnya kinclong.

vlc_101_w7_1

Sebenarnya mkv bukanlah codec melainkan gabungan dari beberapa file yaitu video, audio dan subtitle. Jadi mkv bisa langsung ada subtitlenya. Berbeda  dengan format vcd yang bersubtitle, di mkv subtitle bisa dihilangkan atau bisa lebih dari satu bahasa. Lebih tepatnya seperti di dvd.

Untuk memainkannya dapat mempergunakan berbagai macam software, berikut ini dua software yang dapat dipergunakan:

VLC Media Player

Advertisement

VLC merupakan salah satu player yang mendukung penuh berbagai menu di mkv. Selain itu tidak berdasarkan DirectShow sehingga bisa memainkan mkv tanpa perlu menginstall beragam codec. Versi terbaru adalah VLC 1.0.1. Untuk download bisa melalui:

Software ini sempat menuai kontraversi karena dapat digunakan untuk merekam DVD yang terproteksi. Walau caranya tidak secara rip (kopi langsung) melainkan diplay kemudian direkam dengan menekan tombol record.

K-Lite Codec Pack

Jika Anda sudah menginstal tapi belum bisa untuk memainkan mkv maka sebaiknya upgrade dengan versi terbaru. Versi terbaru saat ini adalah K-lite Codec Pack 5.05. Software ini sejadinya adalah kumpulan coded dengan Media Player Classic sebagai playernya. Untuk mendownload bisa melalui:

Mkv ukurannya memang kecil dengan kualitas gambar yang cukup bagus, tapi tidak ringan untuk dimainkan. Membutuhkan memori yang cukup besar untuk mem-playnya. Kalau di komputer saya kadang-kadang gambar jadi berhenti beberapa detik di tengah-tengah film.

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Aplikasi

Cara Keluar Dari Fullscreen di Google Play Games PC

Published

on

Sejak beberapa waktu lalu Google memperkenalkan Google Play Games versi PC. Walau masih beta, platform ini memungkinkan pengguna untuk menikmati permainan Android di PC tanpa memerlukan emulator. Jika kamu memainkan game dengan Google Play Games biasanya akan langsung fullscreen. Nah bagaimanakah cara keluar dari fullscreen di Google Play Games PC. (lebih…)

Continue Reading

Aplikasi

Cara Memasukkan Tanda Tangan di Microsoft Word

Published

on

Tanda tangan merupakan salah satu elemen penting dalam banyak dokumen, terutama dokumen-dokumen yang memerlukan keaslian dan keabsahan. Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang populer dan sering digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen. Jika Anda ingin menambahkan tanda tangan Anda ke dokumen Word tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan, berikut adalah cara melakukannya dengan mudah. (lebih…)

Continue Reading

Aplikasi

Tips Untuk Ponsel Yang Tidak Bisa Lagi Memakai Whatsapp

Published

on

Apabila Anda masih mempunyai ponsel android yang memakai sistem operasi lawas dibawah 5.0 maka mulai 24 Oktober 2023 tidak bisa lagi memakai Whatsapp. Saya mempunyai sebuah tablet lawas yang terinstall Whatsapp. Kini mulai ada peringatan bahwa Whatspp tidak bisa dipakai di tablet tersebut kedepannya. Jika ponsel Anda tidak lagi mendukung WhatsApp karena perangkat atau sistem operasi Anda terlalu ketinggalan zaman, ada beberapa langkah yang bisa Anda pertimbangkan: (lebih…)

Continue Reading