Sedikit kisah klasik mengenai saat pertama kali bercumbu rayu dengan si Maya. Namun Maya yang satu ini bukanlah nama seorang gadis melainkan sebuah dunia yang biasa disebut internet . Kisah ini dimulai sekitar tahun 1998, saat masih cute sweet seventeen :lol:.

woman internet

Dimasa itu internet belum booming seperti sekarang ini, warnet masih jarang dan taripnya sangat menguras kantong. 1 jam dipatok antara 10-20rb. Situs yang pertama kali dibuka adalah Yahoo.com karena hanya tahu alamat situs itu 😀 . Kemudian berkembang membuat email di Yahoo dan Hotmail. Membuat banyak email tapi tidak ada yang pernah dipakai buat kirim email hehe. Google sendiri belum begitu terkenal saat itu.

Yang paling asik adalah chating dengan menggunakan MIRC yang penuh dengan singkatan misalnya: Kenalan yuk, asl pls, aq 17 m yk,u skul or kul,apa udah ker. Kecantikan dan ketampanan tersamar dari nama nick yang dipakai. Coba nama nicknya paidjo, pasti tidak ada yang ngajak ngobrol 😀


Kurang lebih sekitar tahun 2003 operator selular mulai memberikan layanan internet. Tarifnya masih selangit yaitu sekitar Rp.30/KB. Selain itu ponsel juga belum mumpuni untuk diajak berselancar. Chat diponsel dapat menggunakan aplikasi Mig33. Namun ponsel masih lelet sehingga tidak begitu asik.

Waktu bergulir dimana warnet mulai menjamur dan tarif gprs semakin terjangkau. Situs lokal mulai bermunculan, blog semakin banyak diminati dan jejaring sosial mulai digandrungi. Sekarang semakin mudah untuk mengakses internet dengan beragam fasilitas seperti ponsel dan laptop yang mumpuni.

Berselancar di dunia maya sangatlah asik dan bermanfaat. Berbagai pengetahuan dan hiburan dari penjuru dunia bisa didapatkan. Saya belajar video shooting dari internet, belajar utak atik ponsel dan blog juga dari internet, bertemu dan bercengkrama dengan banyak teman juga melalui jalur internet.

Beragam kisah suka, duka dan cinta terukir lewat jempol yang memencet tombol ponsel, jari yang beradu dengan keyboard serta tangan yang menggoyang mouse.  Jika diungkapkan kesukaan terhadap internet mungkin akan seperti kata mbah Surip, I love you full. Mantab.

Jadi ayo berinternet ria dengan sehat, bikin blog, browsing, chating, facebookan dll. Bisa memakai ponsel maupun komputer. Tapi jangan membuka website berisi adegan cinta yang terlarang, lebih asik membuka yang bermanfaat dan menambah teman.

Bagaimana dengan Anda,  kapan pertama kali mengenal internet? Sudahkan internet bermanfaat untuk Anda.

Ditulis dalam rangka lomba blog ulang tahun ke-11 detik.com.


79 KOMENTAR

  1. Ha ha ha mungkin aku yang paling bodoh ya dalam berinternetan.Aku bisanya cuma browsing &emai-emailan.Chating aja aku ga bisa hi hi hi (menyedihkan ya…)
    Rasanya blog darmawanku adalah teman terbaru yang super sip.Sip markusip!!! Mau tanya tentang video dokumentasi pasti bisa jawab (kerjaku bidang jasa video& photo dokumentasi).
    Tapi sepertinya ga cuma kekurangan yang aku punya,kelebihan juga punya.Yaitu dalam hal “mengetahui baik tidaknya energi nama seseorang” (percaya ga percaya ).Ya mau sekedar intermezo silahkan hubungi saya di Email: abe.nugroho@yahoo.co.id

  2. Aku sangat senang dan bangga bisa mengikuti tulisan-tulisan Mas Darmawan….Darmawanku.com bacaan wajibku hampir tiap hari…Klo boleh tau latar belakang akademis Mas Dar, apa ya??? Oh ya satu lagi sudah menikah ato belum…??? he..he

  3. Pertama inet waktu kakk q di kasih tau apliksi mxit dulu q gax tau apa2 tntng inet trus aku buka wap.Xl.Co.Id q nemuin tentang google q akses dc nemu aplikasi yang bgus avacs live chat ada tmen wapmastes eh jadi bisa dc

  4. Pertama kali kenal internet…..? Yang aku pikirin adalah waktu aku pertama di mutasi ke bagian yang ada bau IT nya geto…. karena jadi sering di tanya-tanya dan selalu aja di tunggu jawaban atas pertanyaan mereka (bos dan temen-temen kantor), malu aja kalo jadi ga’ bisa jawab…? ya jadi terus kepikir deh…. coba-coba cari pengetahuan sendiri tentang IT dengan browsing dan search apaan aja yang aku mau cari tau di Google…. eh ternyata sekarang jadi malah ketagihan?! Dah lama juga tuh! dah 3 tahun yang lalu kali… sampai dengan aku ketemu dengan webnya mas Dar ini loh… wesss… oke bangget! Jadi masuk salah satu kegiatan rutin juga nih, pokoke online aku dah harus tengok perkembangan web ini.

  5. Pertama ngenet 2004, cuma tau yahoo dan google. Yahoo juga ga pernah dipake sampe lupa lagi passwordnya. Dari google mulai kenal wikipedia. Cuma pake internet buat searching2 aja. Tapi sekarang ga bisa lepas dari operamini dan ada jadwal ke warnet rutin, haha

  6. saya pertama kenal internet tahun 2002, kadang uang spp ku simpangkan buat ngenet(bandel bgt hehehe) terutama chat di MIRc…tetepi kok kenal blog baru satu bulan ini duh…..seandainya dari dulu mungkin gak gaptek-gaptek amat kayak sekarang. buat bapak dharmawan blognya ku masukin ke daftar bacaan di blog saya ya?

  7. pertama kali kenal inet tahun 2002an ikut temen maen chating, sekali doang. abis itu tahun 2006 ada tugas yang ngewajibin buka inet. uh… gaptek banget. google aja gak tau, blo’on pokoknya. sekarang setelah mengenal google aku mulai menjelajah keberbagai situs. tp belakangan suka ngenet pake hp karna lebih praktis.

  8. Hehe apik mas postingnya, jadi bernostalgia nih.
    Klo aku kenal internet pertama kali sekitar thn 2000an, situs pertama kali di buka yahoo, gongle, mirc, bokep tidak ketinggalan hehe, cuman boomingnya ngenet sekitar thn 2007, waktu itu googling cari tarif inet murah pake hp, dan ketemu di blog ini, yg membahas tarif im3 gprs, sblmnya pake tsel yg tarifnya mahal, makasih mas, tulisan2 blog ini uda banyak ksh manfaat buat kita.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini