Connect with us

Blog

Tentang Domain Sendiri di WordPress.com

Published

on

Salah satu layanan yang diberikan oleh WordPress.com adalah mengganti alamat blog dengan domain sendiri. Sehingga alamat blog Anda tidak lagi sub domain (username.wordpress.com) melainkan sesuai keinginan Anda. Ada kelebihan dan kekurangan apabila menggunakan domain sendiri di WordPress.com, berikut ini ada beberapa informasi yang berkaitan dengan hal tersebut.

wordpress-blogging-software-logo

  • Kelebihan menggunakan domain sendiri adalah lebih memperpendek alamat serta mempermudah pengunjung mengingatnya.
  • Alamat di WordPress.com masih tetap bisa dukunjungi.
  • Anda bisa mengaktifkan fitur email Google MX. Gmail tapi dengan alamat domain anda sendiri, misalnya surat(at)darmawanku.com.
  • Dashboard tidak beralamat di domain sendiri, melainkan tetap menggunakan alamat WordPress.com Anda.
  • Pegerank Anda di wordpress.com akan turun, karena semua yang masuk di alamat tersebut akan diredirect ke domain baru.
  • Demikian pula dengan Alexa rank di alamat WordPress.com. akan mengalami penurunan.
  • Tapi jangan khawatir, Pagerank atau Alexa rank bukanlah segalanya. Apabila pengunjung blog Anda banyak maka Pagerank dan Alexa rank domain baru akan segera naik dalam waktu cepat.

Fitur domain ini bisa dipergunakan dari Dashboard – Upgrades- Domains, tapi tentu saja tidak gratis alias berbayar. Anda bisa membeli domain dan mengaktifkan fitur domain dengan harga 15 dolar/tahun yang bisa dibayar melalui paypal. Apabila Anda sudah mempunyai domain sendiri maka bisa mengaktifkan fitur domain dengan biaya 13 dolar/tahun.

Dengan biaya seperti itu Anda sebenarnya bisa membeli domain dan hosting untuk dipergunakan membuat wordpress hosting sendiri.  Namun saya memilih mempergunakan domain sendiri di wordpress.com karena relatif lebih cepat diakses, tidak perlu memikirkan hostingnya (kapasitas, bandwidth dll), serta jarang down. Meskipun demikian ada kelemahannya yaitu tidak dapat untuk java script, iklan dan kustomisasi blog lebih lanjut.

Jadi segala sesuatunya memang ada kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ibarat memilih kekasih hati, tidak ada yang sempurna. Namun apabila bisa memahami kekurangan dan menghargai segala kelebihan maka cinta akan indah rasanya,  saling sayang dan setia untuk selamanya. Hehe tidak nyambung.

Happy blogging

Advertisement

 

Blog

30 Ucapan Selamat Berpuasa Ramadhan 1445 H

Published

on

Bulan suci Ramadhan kembali datang, saat di mana umat Muslim di seluruh dunia bersiap-siap menyambut kedatangan waktu yang penuh berkah dan kesempatan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam momen yang penuh makna ini, mari kita sambut dengan hati yang tulus dan penuh kebahagiaan, serta berharap agar bulan suci ini membawa keberkahan bagi kita semua. Berikut ini beragam ucapan selamat berpuasa Ramadhan 1445 H. (lebih…)

Continue Reading

Blog

Mengapa Memilih WordPress Dibandingkan dengan Blogger

Published

on

Ketika memutuskan untuk memulai sebuah blog, salah satu pertimbangan utama adalah platform yang akan digunakan. Dua platform yang sangat populer adalah WordPress dan Blogger/Blogspot. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, namun dalam artikel ini kita akan membahas mengapa banyak orang memilih WordPress hosting sendiri dibandingkan dengan Blogger. (lebih…)

Continue Reading

Blog

Cara Menjadikan Ashley fx402i Sebagai USB Soundcard

Published

on

Mixer audio adalah salah satu alat yang sangat penting bagi para pecinta audio, terutama mereka yang bekerja di bidang musik atau broadcasting. Mixer audio digunakan untuk mengatur, memadukan, dan memproses beberapa sinyal audio dari beberapa sumber yang berbeda seperti microphone, instrumen musik, perangkat elektronik, atau bahkan komputer. Fungsi utama dari mixer audio adalah untuk menghasilkan suara yang lebih baik dan profesional.

(lebih…)

Continue Reading