Connect with us

Blog

Hitam Putih Facebook

Published

on

Facebook, sebuah jejaring sosial yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. Namun baru belakangan ini menjadi bahan pembicaraan hangat di Indonesia. Banyak media yang mengulas mengenai fenomena ini. Bahkan minggu lalu sebuah harian terkemuka mengulas Facebook dalam beberapa halamannya. Segala sesuatu pasti mempunyai dua sisi, ada panas pasti ada hujan, ada sedih ada bahagia, ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Berikut ini akan sedikit mengulas mengenai kelebihan dan efek negatif dari Facebook.

facebook shop

Positifnya

Banyak manfaat yang bisa diambil dari jejaring sosial ini. Yang utama tentu saja mencari sahabat baru, menjalin hubungan silahturahmi. Bahasa kerennya keep in touch. Selain itu dapat digunakan untuk:

  • Menemukan sahabat lama. Banyak yang bisa reunian dengan sahabat yang sudah lama tidak terdengar kabar beritanya.
  • Dapat dipergunakan untuk bisnis.
  • Memberitahukan sebuah acara, meeting, tugas, dsb. Mungkin undangan pernikahan juga bisa disebar lewat FB biar lebih irit hehe.
  • Untuk kampanye. Meniru jejak Obama yang sukses kampanye dengan FB maka beberapa caleg dan capres juga ikut FB-an agar bisa meraih massa. Walaupun di Indonesia pengguna internet belum sebanyak di Amerika.
  • Ajang narsis, siapa tahu ada produser yang melihat dan menawari menjadi bintang iklan sabun colek. Asal narsisnya tidak terlalu segar.
  • Membagi uneg2 dimana bisa menghilangkan stress, misalnya nulis di status: Wah mati lampuuu padahal lagi ketik tugas, nanti harus dikumpul. Gimana ya?. Biasanya akan ada teman2 yang memberi solusi ataupun sekedar basa basi.
  • Bisa saling bercengkrama dengan fasilitas chat, walaupun yang diajak ngobrol kadang di meja sebelah. Daripada tidak ngobrol sama sekali.
  • Dapat digunakan untuk promosi blog, menambah jumlah pembaca.
  • Menambah wawasan dari kiriman artikel teman. Berita politik sampai sekedar gosip.
  • Berbagi pengalaman dengan menulis di catatan.
  • Mencari kekasih pujaan hati. Saat bertemu di dunia nyata selalu malu2 meong, mungkin di FB bisa lebih mengutarakan perasaan. Siapa tahu gayung bersambut dan cintapun bersemi. Asal bukan cinta maya, belum ketemu orangnya tapi sudah jatuh hati 😀
  • Dan lain lain…

Negatifnya

Sejak jaman Friendster sampai Facebook faktor negatif dari sebuah jejaring sosial biasanya hampir sama, yaitu mengakibatkan kecanduan sehingga setiap ada kesempatan dipergunakan untuk mengakses jejaring sosial tersebut.

  • Kecanduan berat. Bangun tidur mengecek pemberitahuan, setelah mandi baca beranda, sarapan sambil memberi komentar. Dijalan kirim status memakai ponsel. Di kantor upload foto terbaru, chatting , menambah aplikasi dan lain-lain. Bahkan sampai menjelang tidur masih utak atik FB.
  • Lupa waktu. Segala sesuatu yang terlalu berlebihan memang tidak baik. Terutama apabila mengakibatkan hal lain jadi terbengkalai.
  • Menyebabkan lebih menyukai teman maya daripada nyata. Kadangkala lebih akrab dengan seseorang yang nun jauh disana daripada tetangga samping rumah.
  • Berkurangnya privasi.  Saat ini profil FB dapat dibuat publik sehingga setiap orang dapat membaca tanpa perlu menjadi teman. Sebaiknya tidak usah terlalu banyak menulis data pribadi di FB karena mungkin bisa disalahgunakan oleh orang lain.
  • Dan lain lain…

Jadi sebaiknya bisa mengatur waktu untuk berFacebook ria, jangan sampai kecanduan yang mengakibatkan produktifitas menurun. Serta jangan terlalu mengumbar data pribadi. Gunakanlah selalu teknologi dengan bijak, mengendalikan segala efek negatif serta memaksimalkan nilai positifnya.

Semoga Bermanfaat

Blog

30 Ucapan Selamat Berpuasa Ramadhan 1445 H

Published

on

Bulan suci Ramadhan kembali datang, saat di mana umat Muslim di seluruh dunia bersiap-siap menyambut kedatangan waktu yang penuh berkah dan kesempatan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam momen yang penuh makna ini, mari kita sambut dengan hati yang tulus dan penuh kebahagiaan, serta berharap agar bulan suci ini membawa keberkahan bagi kita semua. Berikut ini beragam ucapan selamat berpuasa Ramadhan 1445 H. (lebih…)

Continue Reading

Blog

Mengapa Memilih WordPress Dibandingkan dengan Blogger

Published

on

Ketika memutuskan untuk memulai sebuah blog, salah satu pertimbangan utama adalah platform yang akan digunakan. Dua platform yang sangat populer adalah WordPress dan Blogger/Blogspot. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, namun dalam artikel ini kita akan membahas mengapa banyak orang memilih WordPress hosting sendiri dibandingkan dengan Blogger. (lebih…)

Continue Reading

Blog

Cara Menjadikan Ashley fx402i Sebagai USB Soundcard

Published

on

Mixer audio adalah salah satu alat yang sangat penting bagi para pecinta audio, terutama mereka yang bekerja di bidang musik atau broadcasting. Mixer audio digunakan untuk mengatur, memadukan, dan memproses beberapa sinyal audio dari beberapa sumber yang berbeda seperti microphone, instrumen musik, perangkat elektronik, atau bahkan komputer. Fungsi utama dari mixer audio adalah untuk menghasilkan suara yang lebih baik dan profesional.

(lebih…)

Continue Reading