Belakangan ini di berbagai media ramai diberitakan mengenai kontraversi pengharaman golput (orang yang tidak menggunakan hak pilihnya) dalam pemilu mendatang. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan orang tidak memilih antara lain karena memang tidak ada pilihan, ada kesibukan lain maupun malas ke TPS.

Untuk mengantisipasi masalah golput karena kesibukan atau malas antri sebenarnya dapat mempergunakan bantuan teknologi. Apabila pengambilan suara dapat dilakukan melalui internet atau ponsel maka golput kemungkinan bisa ditekan lebih sedikit. Terutama bagi pemilih pemula pasti lebih suka nyoblos menggunakan sms daripada pergi ke TPS.

Pemilu lewat ponsel saat ini baru diterapkan di Estonia untuk pemilu tahun 2011 mendatang. Cara ini sudah dimasukkan dalam undang-undang Estonia sebagai salah satu cara untuk melakukan pemilihan disamping pemilihan secara manual atau dengan internet.

Sistem pemilu lewat ponsel ini dilaksanakan dengan sebuah simcard khusus. Jadi pemilih akan diberi simcard secara gratis yang bisa dipergunakan untuk memilih. Simcard akan mengklarifikasi identitas pengguna apakah sesuai dengan data pemilih atau tidak. Sistem ini diklaim aman dan efektif berdasarkan audit perusahaan keamanan independen di negara tersebut.


ID-card

Contoh KTP Estonia.

Sebelumnya Estonia juga telah sukses mengadakan pemilu lewat internet. Pemilih bisa ikut memilih secara online dengan menggunakan KTP yang dimasukkan ke dalam alat pemindai yang terpasang di PC. Pemilu online tersebut terbukti aman dari serangan hacker, penyalahgunaan identitas serta manipulasi suara. (Sumber: The Assosiated Press )

Bagaimanakah dengan Indonesia? Ternyata Indonesia juga tidak kalah dengan Estonia. Di negara kita sudah mempergunakan sarana ponsel untuk pemilu. Akan tetapi tidak untuk menentukan pilihan, melainkan sebatas untuk iklan alias kampanye saja.

Mungkin pada perkembangannya kedepan, pelaksanaan pemungutan suara di Indonesia dapat juga dilaksanakan lewat ponsel. Mirip-mirip dengan pemilihan Idol di televisi. Ketik REG(spasi)Parpol pilihan Anda(spasi)password kirim ke 12345. Agar aman dari kecurangan, setiap pemilih harus mendaftarkan nomornya serta memperoleh pin/password yang dapat digunakan untuk memilih. Atau apabila punya dana lebih bisa mempergunakan simcard khusus seperti di Estonia.

Akan tetapi semua inovasi tersebut bisa terwujud tergantung keinginan peserta pemilu ataupun pemerintah 😀

Semoga bermanfaat.


34 KOMENTAR

  1. seperti yg saya katakan di atas, para calon itu tujuan nya apa? apakah hanya mengejar takhta, kedudukan. kemewahan, pangkat, titel, kalo iya buat apa kita nyoblos, apalagi via sms, hah! No!… di zaman zekarang ini sudah sulit menemui pemimpin yang adil, udah terlalu banyak tikus yg berdasi, jadi lebih baik, di jual aja, kita baru mau nyoblos kalo ada embel2nya, toh ntar kalo para calon yg brhasil kepilih senengnya bikin lupa daratan, sementara kita tetep aja kere tak ada peduli,

    kalo mau membantu atau ber amal mending ke anak yatim aja,

  2. @udienroy: wah wah waaaah….. gmn klw Q yg nyalon,apa km gk mw nyoblos jg? atw gmn klw om dar yg nyalon,apa km gk mw nyoblos jg? He…

  3. alow pak darmawan pripun kbre? lama tak jumpa. jadi kangen nih.. ow ya,aku mau nyoblos kalau calon nya ada yg perempuan. hi hi hi. salam buat orang rumah ya bos!!!

  4. @Ayep : jadi versi wap ya mas, nanti kucobanya. biasanya aku buka versi wapnya, memang minimalis hehe
    @all: samingun: kabar baik, terima kasih sudah berkunjung

  5. Wah klo bener nyoblos isa pke sms para capres cagub cabub silahkan kontak aye he he he coz sebenarnya mudah mengganti no pengirim he he sbnernya isa jg wat nyuri pulsa indosat dg cara sms TP ke 151 tapi takut kualat n dosa ah he he he! aye jg heran pada bang roy yg mengatakan sms isa sebagai barang bukti?! padahal no pengirim isa kita ubah-ubah sesuka qt bahkan di ganti huruf jg isa!

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini