Untuk merekam suatu acara misalnya pernikahan, seminar, wisuda dll, paling baik memang ada beberapa kamera video(minimal 2) agar gambar menjadi bervareasi, tidak monoton dan enak untuk ditonton. Namun apabila kita hanya mempunyai satu kamera, bagaimanakah agar acara bisa diambil secara baik dan tidak putus2. Berikut ini ada cara untuk merekam agar suatu acara tidak terputus dengan gambar yang bervareasi, namun hal ini membutuhkan proses editing agar gambar enak untuk dinikmati.

handycam

Berikut ini contoh pengambilan suatu acara dengan 1 kamera video.

  • Misalnya saja dalam acara pernikahan dimana ada acara pidatonya atau sambutan2. Sebelum acara dimulai biasanya para tamu sudah hadir terlebih dahulu. Maka kita harus mengambil gambar sebanyak2nya dari para tamu yang hadir. Supaya berkesan tidak sepi karena seluruh tamu belum hadir maka bisa dengan pengambilan gambar close up atau sudut dimana seolah2 tamu sudah datang semua/penuh.
  • Kemudian pada saat sambutan, kita bisa menempelkan gambar yang kita ambil tadi kesela2 sambutan tersebut.Dapat juga saat merekam sambutan, kita mengubah arah kamera secara cepat ke obyek lain misalnya ke arah tamu atau pengantin.
  • Dimana kemudian pada saat pengeditan, gambar saat berubahnya kamera bisa ditempel dengan gambar2 lain yang sudah kita ambil sebelumnya. Sehingga seolah2 ada 2 kamera.

Kurang lebih seperti itu caranya, namun setiap acara mungkin agak berbeda dan tidak setiap acara bisa maksimal penggunan 1 kameranya.

Semoga bermanfaat

48 KOMENTAR

  1. salam kenal mas, saya newbie mau tanya ne mas. kalo menurut mas untuk mendapatkan hasil bagus untuk output kedalam bentuk vcd itu paling bagus menggunakan software apa ya mas? kalo pake premiere mnurut saya agak susah karena import ke dalam project yg mau di edit lgsung dari awal sampe akhir, saya lebih suka pake pinnacle karena ada option scene untuk tiap video yg kita mau edit, tapi hasil ke dalam bentuk vcd kurang begitu jernih gak kaya premiere, tapi saya masih cupu pake premiere, xixixi ditungu sarannya mas,

  2. mas,saya mau tanya nih,saya kan lagi capture pake adobe premiere pro 2.0,di win7 64 bit,tpi stelah saya capture dan scene detect saya centang ,kenapa file yang keluar hanya satu file,gak cut to cut sesuai yg di shoot,ak ganti software video studio masih sama,kendalanya dimana ya mas?

    • pakai hardisk bukan mas, kalau pakai hardisk kayaknya harus dicek di service center sonynya. kalau baca2 ada yg eror dengan software/hardwarenya

  3. slm kenal mas, sy juga senang melakukan editing video, saya mau nanya, kenapa hasil video setelah proses render hasilnya tiap gerakan ada bayangan. mohon sarannya. terima kasih.

    • dirender ke apa ya, biasanya pas render ada pilihan deinterlace. diutak atik bagian itu. atau mungkin frame rate project tidak sama dengan videonya.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini