Apabila ingin merender video yang diedit di Premiere atau software editing lain dengan menggunakan eksternal encorder misalnya TMPGEnc, maka video tersebut harus dirender dahulu menjadi avi baru kemudian diencoding ulang dengan TMPGEnc. Tentunya hal ini akan memakan waktu dan tempat. Salah satu program yang dapat digunakan agar dapat langsung merender dari Premiere ke TMPGEnc adalah DebugMode Frameserver.

debugmode_frameserver_295

DebugMode Frameserver akan membuat file avi “bayangan” sehingga TMPGEnc dapat mengencodingnya menjadi mpg. Cara kerjannya yaitu DebugMode akan merender sedikit demi sedikit file avi, dan TMPGEnc jg akan mengencodingnya sedikit demi sedikit (seperti proses streaming).
Cara menggunakan DebugMode Frameserver:

  1. Download DebugMode Frameserver di www.debugmode.com/frameserver (ukuran filenya kecil, sekitar 65kb).
  2. Install DebugMode Frameserver, pilih kompenen yang ingin Anda install, Debugmode Frameserver mendukung Sony Vegas, Adobe Premiere Pro, Ulead Media Studio, Ulead Video Studio, Pure Motion.
  3. Contoh penggunaannya di Adobe Premiere Pro adalah sebagai berikut:
  • Dari File – Export – Movie – Setting
  • Pada General, File Type pilih Debugmode Frameserver, Hilangkan centang Add To Project When Finished
  • Pada Video , Hilangkan centang Recompress¬† – klik OK
  • Masukkan nama file misalnya ultah.avi – Save
  • Akan muncul Kotak Dialog Debugmode Frameserver – Klik Next (jangan tutup kotak ini/klik “Stop Serving” sebelum selesai proses encoding)
  • Buka TMPGEnc atau encorder lain, kemudian anda tinggal mengencoding file avi misalnya ultah.avi, dimana td Anda telah menyimpannya.
  • Setelah selesai Anda bisa menutup kotak Dialog Box DebugMode Frameserver dengen klik “Stop Serving”

Selamat Mencoba…

108 KOMENTAR

  1. Mas Dar… Mo Tanya Lg… saya dah Instal Frame Servrnya dan bisa sy pake render, cuman untuk ubah settingan Audio yg MONO kok ga bisa ya mas… soalnya waktu shooting ( ambil gambar) kabel audio-nya mati sebelah, jadi cuman sisi L saja yang masuk. biasanya saya render ke avi dulu dg settingan mono, trus baru convert ke Mpg dg TMPEG2.5. jadi L & R ada suaranya. Gimana ya mas mendapatkan setting audio MONO dg Frame Server ..? terimakasih.. Thxs.. matursuwun sak derengipun …

    • softwarenya menggunakan apa mas, kalau menggunaka premiere bisa dengan efek audio fill left atau right. maka nanti suaranya akan jadi stereo. tp bukan stereo beneran. hanya nyala di kanan kiri.

  2. minta tolong dong….. aku punya TMPGEnc 4.0 Xpress 4.7.3.292 yang masih Trial, biar nggak trial lagi GIMANA YAAAAAAAAA….

  3. framesever gak bisa digunain ke cs3 ya..
    numpang tanya mas, software editing premiere yg umum di pake apa?? skrg kan uda ampe cs4..
    yg wa pgnnya solusi terbaik utk hasil terbagus di DVD aja

    • kmrin baru nyoba sampai cs2. kebanyakan masih cs2 atau 3. kalau saya malah masih yg pro :D. karena seringnya hanya buat potong2 saja, jadi butuh yg kinerjanya cepat. seharusnya semakin tinggi versinya maka fiturnya semakin bagus. tp hasil juga tergantung dari proses editingnya dan pengambilan gambar. jadi bisa diutak atik sendiri mas. nanti pasti ketemu komposisi yg pas biar hasilnya bagus.

  4. text yg ku buat di after effect, ku import ke premiere lewat dynamic link, waktu di render ke avi kenapa garis2 gitu tulisan di setiap sudutnya, tapi videonya hasilnya bagus loh…

    minta link software voice remover donk, mau bljr buat vcd karaoke

  5. 1 lagi, pada tmpgenc, bagusnya pake CBR atau VBR atau CQ, sekalian dgn bitrate yg biasa mas darmawan gunain…
    thx..
    msh harus byk bljr neh..

  6. utk text nya waktu di preview di premiere, bagus bgt, tapi begitu di render ke avi, langsung bergaris, seperti kyk deinterlaced field, di paksa ke lower field gitu,

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini