Apabila ingin merender video yang diedit di Premiere atau software editing lain dengan menggunakan eksternal encorder misalnya TMPGEnc, maka video tersebut harus dirender dahulu menjadi avi baru kemudian diencoding ulang dengan TMPGEnc. Tentunya hal ini akan memakan waktu dan tempat. Salah satu program yang dapat digunakan agar dapat langsung merender dari Premiere ke TMPGEnc adalah DebugMode Frameserver.

debugmode_frameserver_295

DebugMode Frameserver akan membuat file avi “bayangan” sehingga TMPGEnc dapat mengencodingnya menjadi mpg. Cara kerjannya yaitu DebugMode akan merender sedikit demi sedikit file avi, dan TMPGEnc jg akan mengencodingnya sedikit demi sedikit (seperti proses streaming).
Cara menggunakan DebugMode Frameserver:


  1. Download DebugMode Frameserver di www.debugmode.com/frameserver (ukuran filenya kecil, sekitar 65kb).
  2. Install DebugMode Frameserver, pilih kompenen yang ingin Anda install, Debugmode Frameserver mendukung Sony Vegas, Adobe Premiere Pro, Ulead Media Studio, Ulead Video Studio, Pure Motion.
  3. Contoh penggunaannya di Adobe Premiere Pro adalah sebagai berikut:
  • Dari File – Export – Movie – Setting
  • Pada General, File Type pilih Debugmode Frameserver, Hilangkan centang Add To Project When Finished
  • Pada Video , Hilangkan centang Recompress¬† – klik OK
  • Masukkan nama file misalnya ultah.avi – Save
  • Akan muncul Kotak Dialog Debugmode Frameserver – Klik Next (jangan tutup kotak ini/klik “Stop Serving” sebelum selesai proses encoding)
  • Buka TMPGEnc atau encorder lain, kemudian anda tinggal mengencoding file avi misalnya ultah.avi, dimana td Anda telah menyimpannya.
  • Setelah selesai Anda bisa menutup kotak Dialog Box DebugMode Frameserver dengen klik “Stop Serving”

Selamat Mencoba…


108 KOMENTAR

    • dibagian sound sudah masuk belum ( dibawah line video), jika belum coba dimasukkan kembali sourcenya. kalau di premiere sound kadang tidak keluar karena pc masih tersambung handycam.

  1. dari make movie nya kan pake format debugmode frameserver(*.avi)..lgs dijlnkan tmpgenc nya dg format
    vcd PAL

    • sudah sesuai belum mas projectnya, misalnya pal/ntsc, kadang bisa juga suara tidak pas karena drop frame dikarenakan hardware tidak mampu bekerja dengan sempurna

  2. di frame server ada format video output rgb24 sama 32 yg dipilih yg mana?..trus write audio as PCM perlu dicentang ga?

  3. di MPEG seting video source yg dipilih yg interlace? source aspect rationya apa? banyak pilihannya..

    • kalau dijadikan vcd memang hasilnya tidak bisa sebagus dvd, kadang ada bagian yang pecah2. biasanya karena pengaturan cahaya pada saat pengambilan gambar kurang pas. coba diutak atik lagi setingan2nya. tp kalau vcd memang tidak bisa sejernih hasil aslinya. kecuali menggunakan kamera yang bagus.

  4. mas dar mo nanya nich . saya kan download conopus dari 4shared,tapi pas saya mo buka filenya kok minta pasword ya. punya paswordnya gak mas. tq sebelumnya ya mas

  5. Mas Dar… trimss bgt dr sini ada tambanhan ilmu baru soal video… tanya OS yang paling cocok n’ Pas untuk Video Editng Adobe Premiee 1.5 pake apa Ya Mas… WinXP pro ato Win XP pro SP2 ..? soalnya ada yg bilang pake WinXP pro SP2 ditemui banyak masalah … spt kurang stabil dan kadang drop. trimss

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini