Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix


Virtual video mixer Vmix sebenarnya telah menyediakan input untuk menjalankan file Powerpoint secara langsung. Namun fiturnya sangat terbatas dan tidak bisa untuk memainkan audio video yang ada di presentasi tersebut. Agar lebih lengkap dan enak dalam mengendalikan maka bisa melakukan presentasi dengan laptop lain di Vmix. Tidak hanya presentasi namun semua jenis aktifitas yang ada di laptop lain bisa tampil di laptop/pc yang memakai Vmix.

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Fitur yang digunakan adalah Desktop Capture/NDI. Pastikan kedua laptop/pc baik yang terinstall Vmix maupun yang akan digunakan untuk presentasi tersambung dalam jaringan yang sama. Misalnya saja bisa tersambung dalam jaringan wifi dalam sebuah router.

Silakan download dahulu software Desktop Capture di www.vmix.com/software/download.aspx. Kemudian ekstrak file zip tersebut. Software ini portabel sehingga bisa dipakai tanpa menginstall. Jalankan Vmix Desktop Capture ini di laptop yang akan digunakan untuk presentasi (laptop kedua).

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix



Di laptop/pc yang terinstall Vmix tambahkan input NDI/Desktop Capture. Di sebelah kanan maka akan otomatis muncul tampilan dari laptop kedua. Pilih Display 1 untuk menampilkan semua tampilan desktop laptop kedua. Atau bisa memilih salah satu aplikasi yang berjalan.

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Tampilan dari laptop kedua sudah bisa muncul di input vmix.

Presentasi dengan Laptop Lain di Vmix

Namun apabila dipakai untuk memainkan audio/video sebaiknya memakai router yang bagus, atau bisa juga memakai sistem kabel lan agar video tidak tersendat sendat. Jumlah laptop yang bisa ditampilkan di Vmix tidak terbatas. Anda bisa menambahkan laptop ketiga, keempat, kelima dst. Caranya hanya dengan tersambung di jaringan yang sama dan menjalankan software Vmix Desktop Capture.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply