Pasang Modem Zte MF831 di TP-Link MR3220


Tampaknya router TP-Link MR3220 sudah tidak mendapat update firmware baru lagi. Sehingga tidak bisa dipasangkan dengan modem 4G terbaru. Saya coba colok modem ZTE MF831 ke router namun tidak bisa terdeteksi. Untuk mengatasi hal tersebut bisa mempergunakan firmware openwrt. Openwrt sendiri mempunyai banyak varian. Setelah baca-baca akhirnya mencoba Openwrt Pulpstone agar bisa pasang modem Zte MF831 di TP-Link MR3220 V1.

Pasang Modem Zte MF831 di TP-Link MR3220

Pulpstone bisa diinstall dari firmware bawaan, bisa juga dari openwrt. Sebenarnya router saya sudah menggunakan openwrt versi lama, namun diutak atik tetep tidak bisa mengenali ZTE MF831. Akhirnya saya ganti dengan Openwrt Pulpstone.



Untuk download dan cara instalasi TP-Link MR3220 bisa dilihat di pulpstone.pw/basic-ar71xx/. Tapi harus hati-hati, jangan sampai salah seri firmware. Kalau gagal router bisa eror. Setelah mengikuti panduan di web tersebut akhirnya router bisa terinstall openwrt Pulpstone. Modem 4g ZTE MF831 bisa langsung online tanpa pengaturan lebih lanjut. Firmware ini support semua modem, sehingga bisa mempergunakan beragam modem serta usb tethering android. Tampilan panel adminnya sebagai berikut.

Pasang Modem Zte MF831 di TP-Link MR3220

Setelah bisa berjalan di TP-Link MR3220, saya install juga di Huawei HG553 dengan memakai pulpstone.pw/chaos-calmer-brcm63xx. Semua berjalan lancar dan modem 4G juga bisa terdeteksi dengan baik. Router yang sebelumnya hanya teronggok kini bisa dipergunakan kembali 😀

Semoga Bermanfaat



Leave a Reply