Cara Setting Xiaomi Xiao Fang


Xiaomi Xiao Fang adalah kamera cctv ipcam dengan harga relatif murah. Namun karena belum ada versi internasional dan sebenarnya hanya untuk wilayah Tiongkok maka settingnya gampang-gampang susah. Berikut ini panduan cara setting Xiaomi Xiao Fang.

Pada dasarnya Xiaomi Xiao Fang bisa terhubung ke ponsel dengan dua cara yaitu:

  • Secara langsung menggunakan wifi yang terpancar dari Xiao Fan;
  • Menggunakan router/mifi yang mempunyai koneksi internet.

Agar lebih mudah terhubung dan bisa dipantau secara online maka sebaiknya menggunakan router/mifi. Selain itu terdapat fitur motion detect yang hanya bisa diaktifkan jika memakai koneksi internet.

Cara Setting Xiaomi Xiao Fang dengan Router/Mifi

Pertama-tama silakan install dan jalankan aplikasi MiHome. Aplikasi ini bisa didownload di PlayStore. Tekan “Agree and continue” kemudian pilih “Mainland China”. Jika memilih negara lain maka tidak akan bisa terhubung.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Langkah berikutnya yaitu login akun Mi. Tekan “Sign In” dan silakan login dengan akun Mi Anda. Jika belum punya bisa membuat akun baru dengen menekan “Sign Up”.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Aplikasi ini memakai campuran bahasa Tiongkok dan Inggris. Agar lebih banyak bahasa Inggrisnya silakan masuk ke “Profile” – “Settings” – “Languange” – pilih “English”.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Koneksikan ponsel ke wifi router/mifi. Pastikan terdapat koneksi internet di wifi tersebut. Nyalakan Xiao Fang dan tunggu lampu status menjadi kedip-kedip kuning. Reset Xiao Fang dengan menekan tombol “Setup” yang ada di bagian bawah kamera hingga muncul suara dalam bahasa Tiongkok. Bentuk “Setup” ada beragam yaitu ada yang harus dipencet dengan jarum dan ada yang berbentuk tombol langsung.

Di aplikasi MiHome silakan tekan tombol + di kanan atas – “Add device”.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Pilih “Add camera products”, pilih icon kamera Xiao Fang. Ada 2 icon, pilih icon yang pertama yang berbahasa Tiongkok.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Centang “Wait until you hear a voice prompt”, tekan “Next”, pilih wifi yang dipergunakan dan isi password wifi tersebut. Setelah selesai tekan “Next”.



Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Akan muncul QR code, arahkan layar ponsel ke kamera Xiao Fang hingga muncul suara. Tekan “Heard scanned successfully”.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Tunggu hingga 100 persen, setelah sukses pilih lokasi device, misalnya saja “Living room” kemudian tekan “Done”.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Tekan nama kamera, MiHome akan mendownload plugin terlebih dahulu. Setelah download selesai dan terhubung maka live view Xiaomi Xiao Fang akan terlihat. Untuk melihat rekaman cctv bisa melalui menu “Gallery”, tapi tentunya harus memasang microsd terlebih dahulu.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Cara Setting Xiaomi Xiao Fang Secara Langsung

Selain menggunakan router dapat pula diakses secara langsung melalui wifi yang terpancar dari cctv ini. Nyalakan dan reset Xiao Fang dengan menekan tombol “Setup” yang ada di bagian bawah kamera hingga muncul suara dalam bahasa Tiongkok. Cari dan sambungkan wifi dengan nama: isa-camera-isc5_miapxxx. Kemudian tekan “iSmartAlarm Spot”

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Tunggu hingga tersambung, jika lama tersambung silakan matikan koneksi internet di ponsel Anda. Setelah tersambung akan muncul notifikasi untuk memasukkan pin. Masukkan 8 digit pin, klik “OK”, tekan “Go Setting”.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Silakan tekan lama di wifi yang tadi tersambung kemudian pilih “Lupakan”. Kemudian sambungkan kembali dan masukan password seperti yang tadi telah dibuat.

Cara setting Xiaomi Xiao Fang

Kelemahan menggunakan koneksi langsung adalah tidak bisa motion detect dan tidak bisa dilihat secara online. Jika mengalami kesulitan atau gagal menggunakan sistem langsung, silakan memakai router/mifi saja.

Semoga Bermanfaat



71 Comments

  1. RIO
  2. Tommy
  3. Tommy
  4. Tommy
  5. budiono
  6. budiono

Leave a Reply