Berbagi Lokasi Secara Real Time Dengan Google Maps

Berbagi lokasi seacara realtime memang bukan hal baru lagi. Banyak aplikasi yang sudah mempunyai fitur tersebut, misalkan saja fitur Glympse di BBM maupun memantau lokasi keluarga dengan Google Trusted Contact. Kini fitur berbagi lokasi realtime hadir di Google Maps, walaupun dulu sebenarnya juga pernah ada dengan nama Google Latitude.

Untuk berbagi lokasi silakan nyalakan GPS kemudian buka Google Maps. Klik menu berbentuk 3 garis di kiri atas, pilih “Berbagi Lokasi”. Kemudian silakan tekan “Mulai”.



Berbagi Lokasi Secara Real Time Dengan Google Maps

Anda bisa menentukan berapa lama akan berbagi lokasi dan siapa saja yang akan melihat lokasi Anda. Selain bisa dibagikan ke kontak, dapat juga berbentuk link. Sehingga siapa saja yang mempunyai link tersebut bisa melihat lokasi Anda. Lokasi bisa dilihat via browser maupun lewat aplikasi Google Maps.

Berbagi Lokasi Secara Real Time Dengan Google Maps

Bedanya berbagi lokasi biasa dengan realtime adalah jika Anda pindah lokasi maka otomatis akan terlihat posisinya. Namun tentu saja akan menguras daya karena GPS selalu aktif. Untuk keamanan sebaiknya jangan berbagi lokasi dengan orang yang tidak dikenal atau baru dikenal karena bisa berbahaya.



Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*