Remote Windows 10 dengan Microsoft Remote Desktop di Android

Banyak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan Windows 10 melalui ponsel androidnya. Namun pernahkah Anda mencoba menggunakan sistem remote bawaan Windows 10? Kali ini akan mencoba remote Windows 10 dengan Microsoft Remote Desktop di Android dalam sebuah jaringan wifi.

  • Setting dahulu pengaturan remote di Windows 10. Di Start menu silakan ketik  “Remote” kemudian pilih “Allow remote access to your computer”. Akan keluar sebuah kotak pengaturan. Centang “Allow remote connections to this computer”.

Remote Windows 10 dengan Microsoft Remote Desktop di Android



  • Install aplikasi Microsoft Remote Desktop di ponsel Anda melalui Play Store. Kemudian sambungkan komputer dan ponsel dalam sebuah jaringan wifi.
  • Jalankan aplikasi Microsoft Remote Desktop. Klik kanan icon + kemudian pilih “Desktop”.

Remote Windows 10 dengan Microsoft Remote Desktop di Android

  • Akan muncul otomatis nama komputer yang bisa diremote. Silakan pilih nama komputer Anda.



  • Tekan “Connect” pada 2 tahapan selanjutnya.Terakhir silakan isi username dan password windows. Jika login dengan akun hotmail maka username diisi dengan alamat email.

  • Tampilan komputer akan terlihat di ponsel. Anda bisa mengendalikan komputer dengan menggunakan kursor dan keyboard yang ada di layar.

Saat menyalakan musik atau memainkan video, suara hanya akan terdengar di ponsel dan bukan di komputer. Saat di remote komputer akan logout dan apabila login maka koneksi ke ponsel akan terputus. Aplikasi ini cukup simpel apabila dipakai di dalam sebuah jaringan wifi. Namun untuk mengakses lewat internet maka membutuhkan ip publik, tidak seperti Team Viewer yang bisa bekerja tanpa ip publik.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*