Menampilkan Instagram di Sidebar WordPress

Banyak sekali plugin WordPress yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan Instagram di sidebar WordPress. Kali ini saya akan mencoba mempergunakan widget yang sederhana namun lumayan lengkap, namanya Instagram Slider Widget. Tampilannya bisa berupa slider maupun gambar thumbnail di sidebar.

Silakan cari Instagram Slider Widget di bagian plugin WordPress. Setelah diaktifkan silakan masuk ke Apperence – Widgets. Kemudian geser Widget “Instagram Slider” di bagian kiri ke bagian kanan.



Setelah itu isi pengaturan dalam widget. Pertama beri nama widget kemudian tulis username Instagram yang akan ditampilkan pada bagian “Username”. Selain username bisa juga menampilkan hashtag. Isi jumlah gambar yang akan ditampilkan di “Number of images to show”. Pilih template, bisa berupa thumbnail/preview gambar maupun slider. Tekan “Save” maka gambar Instagram akun tersebut akan tampil di sidebar blog. Jika gambar widget diklik pengunjung maka nanti akan menampilkan gambar ukuran penuh di website Instagram.

Menampilkan Instagram di Sidebar WordPress

Selain di sidebar, gambar Instagram juga dapat ditampilkan di postingan. Caranya dengan mengkopi shortcode yang ada di pengaturan widget ke dalam postingan. Scroll kebawah di pengaturan widget Instagram, nanti akan ada “Shortcode of this Widget”.



Semoga Bermanfaat

3 Comments

Leave a Reply

*