Tips Jika Gagal Mengcopy File Ukuran Besar ke Flashdisk


Saat ingin mengcopy file yang ukurannya 7GB ke dalam flashdisk, ternyata muncul notifikasi bahwa file tidak dapat dikopikan karena terlalu besar untuk file system flashdisk. Mengapa hal tersebut terjadi? Biasanya file system bawaan yang digunakan di flashdisk adalah FAT32, sehingga hanya bisa menerima file dengan ukuran perfilenya 4GB. Jika ukuran sebuah file diatas 4GB maka akan gagal dicopy.

Tips Jika Gagal Mengcopy File Ukuran Besar ke Flashdisk

Untuk mengatasinya maka bisa dengan memformat file system flashdisk menjadi NTFS. Pastikan membackup data yang ada di flashdisk karena flashdisk akan diformat. Di File Explorer silakan klik kanan drive flashdisk, kemudian pilih “Format”. Dibagian file system pilih “NTFS”. Klik “Start” untuk memulai memformat flashdisk Anda.

Tips Jika Gagal Mengcopy File Ukuran Besar ke Flashdisk



Apabila ingin mengubah file system tanpa memformat maka bisa dengan cara berikut ini. Jangan lupa backup dahulu file yang ada di flashdisk ke laptop/komputer. Silakan masuk ke Command Prompt. Pada Windows 10 caranya bisa dengan mengetik cmd di start menu, kemudian pilih Command Prompt.

Tips Jika Gagal Mengcopy File Ukuran Besar ke Flashdisk

  • Ketik: convert driveflashdisk: /fs:ntfs
  • Contoh: convert i: /fs:ntfs

Misalnya saja disini i adalah drive Flashdisk, maka ketik i dibagian driveflashdisk. Tunggu sebentar, maka file system flashdisk akan menjadi NTFS. Cara ceknya bisa melalui File Explorer, klik kanan drive flashdisk, kemudian pilih Properties.

Namun setelah menjadi NTFS maka tidak bisa dikembalikan ke FAT32 dengan cara convert melainkan harus diformat. Untuk melakukan trik diatas sebaiknya backup dahulu data di flashdisk, untuk jaga-jaga jika terjadi hal tidak diinginkan. Data di flashdisk memang harus dibackup berkala ke tempat lain, karena flashdisk juga mempunyai masa berlaku alias akan rusak juga pada waktunya nanti.

Semoga Bermanfaat



Leave a Reply