Memperbaiki SDCard Yang Minta Format

Saat akan memindahkan data dari SDCard ke dalam laptop tiba-tiba SDCard menjadi tidak terbaca. Hanya muncul notifikasi untuk memformat SDCard tersebut. Langkah apakah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki SDCard yang minta format?

Memperbaiki SDCard Yang Minta Format



Pertama-tama cek dahulu yang rusak SDCard atau card readernya. Caranya dengan memasukkan SDCard ke laptop/card reader lain. Bisa juga dengan memasukkan ke dalam kamera. Apabila ternyata memang tidak bisa terbaca berarti masalahnya berada di SDCardnya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memformatnya sesuai notifikasi yang muncul. Biasanya setelah diformat maka SDCard akan bisa diakses kembali, namun tentu saja seluruh data yang sebelumnya tersimpan akan hilang.

Untuk mengembalikan data yang hilang Anda bisa menggunakan software seperti Recuva. Jalankan Recuva kemudian pilih file apa saja yang ingin direcover, pilih lokasi yang ingin diperbaiki, terakhir jangan lupa centang “Enable Deep Scan”. Kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul seluruh file yang tadi terformat. Anda bisa merecovery file tersebut ke tempat lain misalnya ke hardisk terlebih dahulu.



Apabila ternyata yang rusak adalah fisik SDCard maka cara ini biasanya tidak akan berhasil. Dan apabila berhasil sebaiknya SDcard tidak usah digunakan kembali karena kemungkinan besar akan eror lagi.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

*