Agar Mudah Mengetahui Kanan Kiri Earphone

Apabila Anda memakai earphone apakah langsung memakai ataukah melihat dahulu posisi kanan kiri yang tepat? Earphone serta perangkat audio stereo lainnya mempunyai 2 saluran audio yaitu kanan dan kiri. Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh apabila salah posisi terutama saat mendengarkan musik. Namun apabila digunakan untuk melihat film maka akan terasa perbedaannya. Misalnya saja terdapat adegan mobil melintas dengan efek suara dari kiri ke kanan. Namun karena terbalik suaranya menjadi kanan ke kiri, sehingga tidak pas dengan adegan di film yang ditonton. 



Agar Mudah Mengetahui Kanan Kiri Earphone

Untuk mengetahui earphone sebelah kanan atau kiri bisa dilihat dari penanda yang ada di earphone. Biasanya terdapat huruf L untuk posisi kiri (left) dan R untuk posisi kanan (right). Untuk mempermudah mengetahui kanan atau kiri tanpa perlu melihat hurufnya bisa dengan menandai salah satu earphone. Misalnya bisa dengan memberi ikatan kecil tali atau selotip berwarna di kabel earphone. Bisa juga dengan memberi tanda dengan spidol di salah satu earphone.



Beberapa earphone mempunyai busa ataupun karet yang bisa dilepas sehingga dapat diganti dengan warna lain. Misalnya saja sebelah kanan menggunakan warna hitam dan sebelah kiri diganti warna putih. Kalau hanya ada warna hitam maka bisa tukeran dengan teman yang warnanya berbeda atau bisa juga dengan membeli busa/karet warna berbeda.

Semoga Bermanfaat

3 Comments

Leave a Reply

*