Memerah Susu Kambing di Agro Wisata Bhumi Merapi Sleman

Salah satu agro wisata yang mengembangkan potensi bidang peternakan, partanian dan wisata alam adalah Agro Wisata Bhumi Merapi. Agro wisata ini berada di dusun Sawungan, Hargobinangun, Pakem Sleman, tepatnya berada di Jalan Kaliurang KM 20, belakang balai desa Hargobinangun. Tiket masuknya cukup murah hanya Rp. 10.000 saja.



Taman Kambing Perah

Pertama-tama yang kami tuju adalah taman kambing perah. Disini dibudidayakan kambing peranakan Ettawa dan Sanen. Terdapat dua kambing pejantan, tugasnya untuk mengawini para betina yang ada di Bhumi Merapi. Kambing pejantan ini diganti tiap 2 tahun untuk tetap menjaga mutu keturunannya. Pengunjung dapat belajar mengenal berbagai jenis kambing baik ras maupun kelaminnya.

Selain itu pengunjung dapat melakukan aktifitas seperti memberi makan kambing ataupun memberi susu kepada anak kambing menggunakan botol. Untuk memberikan dot ternyata harus diangkat keatas karena kambing tidak bisa ngedot seperti manusia.

Disini juga terdapat tempat pemerahan susu kambing. Untuk memerah susu ternyata tidak bisa sembarangan, ada langkah-langkah yang harus diikuti. Untuk memerah susu harus cuci tangan terlebih dahulu, kemudian puting kambing diberi semprotan alkohol dan minyak kelapa agar steril dan lebih licin.

Setiap kambing perah seharinya mampu menghasilkan susu kurang lebih 1 liter. Hasil susu kambing tersebut dapat dinikmati sebagai susu segar maupun diolah menjadi menjadi yogurt dan ice cream.

Taman Kelinci

Dari taman kambing kemudian merapat ke Taman Kelinci. Disini pengunjung dapat mengenal berbagai jenis kelinci seperti kelinci hias dan kelinci pedaging serta tips-tips memelihara kelinci.

Membawa kelinci dengan dipegang telinganya ternyata salah karena dapat merusak telinga kelinci. Cara yang benar adalah dengan memegang bagian tengkuk kelinci, seperti memegang kucing.

Terdapat juga kandang VIP yang berisi kelinci yang berharga mahal sampai jutaan rupiah. Apabila ada yang berminat kelinci-kelinci ini juga dapat dibeli untuk dibawa pulang kerumah. Selain itu pengunjung bisa menangkap kelinci yang dilepas bebas di taman umbaran kelinci.

Taman Musang

Pernahkah melihat luwak? Disini terdapat luwak alias musang dengan jenis bulan dan pandan. Wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan musang ini. Bisa menggendong, memberi makan, atau sekedar berfoto. Untuk menggendongnya dengan memegang ekornya lebih dahulu baru kemudian perut musang tersebut.

Gua Ponggolo dan Area Outbond/Kemah

Di Bhumi Merapi terdapat peninggalan sejarah berupa gua yang bernama Gua Ponggolo. Nama gua ini sesuai dengan pembuatnya yaitu Kyai dan Nyai Ponggolo. Panjang gua kurang lebih 350 meter. Didalamnya terdapat air mengalir dengan 3 buah pintu udara. Untuk dapat menikmati gua ini minimal satu kelompok berjumlah 15 orang.

Selain itu terdapat area untuk outbond dan berkemah. Bisa untuk kemah sekolah maupun keluarga, yang unik disini terdapat tenda mobil yang disebut tenda panggung.

Taman Reptil

Taman reptil berisi berbagai koleksi reptil seperti iguana, kura, kura, leopard, biawak, serta ular. Sebagai unggulan terdapat ular yang umurnya lebih dari 10 tahun, panjangnya 7 meter dan besarnya bisa seperti pohon kelapa. Sedangkan untuk berfoto terdapat ular berjenis albino. Ular ini jinak dan diawasi pawang, jadi jangan takut untuk memegang dan berfoto ria.

Taman Hidroponik

Didepan taman reptil terdapat taman yang berisi berbagai macam jenis sayuran yang dibudidayakan dengan menggunakan air atau disebut hidroponik. Macam sayurannya yaitu tomat, sawi, kangkung, selada, lombok dll. Tanaman hidroponik ini mendapat nutrisi khusus dari fermentasi urin kelinci sehingga hasil tanaman lebih bagus. Selain itu semua kotoran kambing juga dibuat sebagai biogas dan digunakan untuk memasak.

Bhumi Merapi juga menyediakan pelatihan untuk beternak kelinci, kambing dan hidroponik. Akan dibimbing sampai bisa dan Bhumi Merapi bersedia menerima hasil dari pelatihan peternakan/perkebunan tersebut.

Wahana Berkuda

Wahana terbaru dari Bhumi Merapi adalah kuda tunggang. Pengunjung bisa berkuda dengan menggunakan kuda besar maupun poni untuk berkeliling area Bhumi Merapi.

Setelah lelah berkeliling atau melakukan kegiatan outbond, pengunjung dapat beristirahan di gasebo maupun pendopo yang tersedia.

Tidak hanya sekedar potensi peternakan, perkebunan dan wisata alam saja yang bisa dinikmati di Agro Wisata Bhumi Merapi, namun terdapat banyak manfaat edukasi di setiap wahana yang di tawarkan.Sambil jalan-jalan banyak ilmu yang bisa didapat.

Kalau ingin main ke Agro Wisata Bhumi Merapi alamatnya adalah jalan Kaliurang Km 20, Sleman, Yogyakarta, CP: 0838 4081 0999 WA: 0823 2669 8228, Instagram: agrowisatabhumimerapi, FB: Agrowisata Bhumi Merapi dan website di www.bhumimerapi.com.

Semoga Bermanfaat.



2 Comments

Leave a Reply

*