Menjelajah Desa Wisata Pentingsari Sleman

Dusun Pentingsari terletak 22 km dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, DIY. Jika dari malioboro maka dapat ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara. Potensi wisata dan keramahan penduduknya membuat Dusun Pentingsari menjadi Desa Wisata pada tanggal 15 April 2008. Beberapa waktu lalu bersama rekan-rekan blogger berkesempatan menjelajah Desa Wisata Pentingsari ini.



Desa Wisata Pentingsari atau disingkat dengan Dewi Peri ini adalah desa wisata yang mengutamakan kearifan lokal dalam melayani wisatawan. Selain itu Dewi Peri tidak mengejar keuntungan melainkan kebanggaan apabila kegiatan warga desa wisata ini mendapat apresiasi yang bagus dari masyarakat luas.

Joglo Herbal

Menjelajah Desa Wisata Pentingsari Sleman



Perhentian pertama adalah Joglo Herbal milik bapak H. Rahman Subagyo. Joglo ternyata ada kepanjangannya yaitu Jamu, Obat, Gegodongan, buah, Lan sayur Organik. Pak Rahman ini menghindari obat karena mengandung banyak unsur kimia, sehingga beliau berusaha untuk menyembuhkan segala penyakitnya dengan ramuan herbal.

Beliau menderita asam urat dan gula yang akhirnya sembuh dengan meminum ramuan dari daun rondo semoyo. Cara mengolahnya juga sederhana, yaitu daun rondo semoyo dijemur hingga kering, ambil daun yang sudah kering sebanyak satu genggam. Masukkan dalam gelas, tuang air panas mendidih, setelah dingin bisa diminum.

Di Joglo Herbal, wisatawan dapat belajar berbagai seluk beluk herbal dan tips kesehatan seperti melihat penyakit asam urat dari bentuk telapak tangan, cara menjaga kesehatan saat muda serta beragam tips kesehatan lainnya. Sebagai penutup bapak Rahman memberikan cara untuk membuat bibit dari sebuah pucuk daun sehingga bisa membuat bibit pohon tanpa perlu menggunakan akarnya. Caranya dengan mengambil sebuah pucuk daun, pangkalnya dibungkus kertas tisue, kemudian masukkan ke streafom yang berlubang dan diambangkan dalam air sampai mempunyai akar.

Salah satu home stay yang ada di Dewi Peri terdapat di Joglo Herbal ini.  Di Joglo Herbal terdapat kamar dengan kamar mandi dalam, ruang makan dan dapur. Tarif dan lokasi home stay dapat menyesuaikan dengan jumlah tamu yang datang.

Membuat Wayang Suket

Menjelajah Desa Wisata Pentingsari Sleman

Anak jaman sekarang mainannya kebanyakan berupa elektronik dan sudah jarang yang menggunakan mainan tradisional. Disini wisatawan akan dikenalkan dengan mainan tradisional yang bisa dibuat sendiri dari tumbuhan yang ada di alam. Akan diajarkan cara membuat belalang serta keris dari janur dan wayang dari suket. Meski sederhana namun sangat menarik dalam proses pembuatannya.

Berkeliling Desa

 

Acara dilanjutkan kembali dengan berkeliling desa wisata Pentingsari. Salah satu spot yang bisa untuk berfoto adalah di sebuah jembatan yang bawahnya terdapat aliran sungai.

Menjelajah Desa Wisata Pentingsari Sleman

Selain itu ada sebuah spot foto yang dibuat dari puluhan bambu yang terdapat di area bumi perkemahan dan outbond.

Menjelajah Desa Wisata Pentingsari Sleman

Belajar Gamelan

Menjelajah Desa Wisata Pentingsari Sleman

Dewi peri juga menyediakan sarana untuk belajar gamelan. Terdapat seperangkat gamelan dengan pelatih yang bernama bapak Toni Sukoyo. Lagu yang dimainkan adalah Suwe Ora Jamu, meski not-nya sederhana ternyata tidak mudah untuk memainkannya. Untuk memukul tidak bisa asal, harus menyesuaikan not dan jeda waktunya.

Sentra Olahan Kopi

Menjelajah Desa Wisata Pentingsari Sleman

Setelah bermain gamelan dilanjutkan ke Sentra Olahan kopi robusta dan hasil pertanian kelompok tani tunggak semi. Kopi yang diolah adalah hasil bercocok tanam warga setempat. Kopi diolah secara tradisional dan bubuk kopi yang dihasilkan adalah murni tanpa campuran.

Untuk total produksi dan penghasilan perbulan memang masih naik turun karena pemasarannya baru terbatas ke tamu yang datang ke Dewi Peri serta di berbagai pameran ukm. Namun demikian usaha ini telah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Sayangnya waktu terbatas sehingga tidak bisa mengekplorasi lebih lanjut berbagai potensi seni, budaya dan wisata yang ada di Desa Wisata Pentingsari. Banyak hal menarik lainnya yang bisa dinikmati wisatawan seperti atraksi bajak sawah/tanam padi, wiwitan/panen padi, tangkap ikan, tracking, outbond, punokawan/jathilan, kerawitan, belajar tari klasik, belajar membatik, paket kenduri, atraksi kuliner, atraksi ronda malam, sepak bola lumpur, vulcano tour dan sebagainya.

Apabila Anda bingung ingin pergi kemana saat liburan serta ingin berpetualang di desa yang sejuk dan asri maka bisa menghabiskan waktu di Desa Wisata Pentingsari. Untuk info lebih lanjut mengenai Desa Wisata PentingSari bisa menghubungi bapak Doto Yogantoro di 0858 6866 3456 / 0812 1566 3039 atau melalui email di dotoyogantoro@ymail.com.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

CAPTCHA

*